METODE KATARSIS UNTUK MENGURANGI KECEMASAN PADA PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI REKSO DYAH UTAMI YOGYAKARTA

Raidatul Saptrians, NIM. 17102020035 (2020) METODE KATARSIS UNTUK MENGURANGI KECEMASAN PADA PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI REKSO DYAH UTAMI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (METODE KATARSIS UNTUK MENGURANGI KECEMASAN PADA PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI REKSO DYAH UTAMI YOGYAKARTA)
17102020035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (METODE KATARSIS UNTUK MENGURANGI KECEMASAN PADA PEREMPUAN KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI REKSO DYAH UTAMI YOGYAKARTA)
17102020035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya korban dalam kasus kekerasan dalam rumah tangga yang kian hari makin bertambah dan tidak jarang diberitakan di media massa dari media cetak, media elektronik, sampai media sosial. Catatan Tahunan dari Komnas Perempuan terkait data kekerasan terhadap perempuan Indonesia di tahun 2019 dalam Catahu 2020 mengalami peningkatan yaitu sebesar 431.471 kasus dan hal ini naik sekitar 6% dibandingkan dengan tahun sebelumnya (Catahu 2019) yaitu sebesar 406.178. Efek psikologis penganiayaan bagi banyak perempuan lebih parah dibanding efek fisiknya seperti rasa takut, cemas, dan khawatir. Salah satu penurunan tingkat kecemasan tersebut adalah dengan metode katarsis. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode katarsis untuk mengurangi kecemasan pada perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di Rekso Dyah Utami Yogyakarta. Fokus pada penelitian ini adalah proses pelaksanaan metode katarsis untuk mengurangi kecemasan pada perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di Rekso Dyah Utami Yogyakarta. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat enam proses pelaksanaan metode katarsis untuk mengurangi kecemasan pada perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di Rekso Dyah Utami Yogyakarta yakni: 1. Individu dikondisikan dalam keadaan emosi yang stabil dan sadar, 2. Individu dapat menjelaskan nilai, keuntungan dan risiko dari perbuatan yang dilakukan,3. Individu diberikan penjelasan mengenai tujuan dilakukannya proses katarsis dan pemilihan media. Individu diberikan kesempatan untuk mengeluarkan rasa marah melalui media katarsis yang sudah dipilih, 4.Pemunculan rasa marah. 5. Implementasi teknik. 6. Refleksi, serta 7. Pengukuran intensitas perilaku yang dilakukan dalam bentuk pemberdayaan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Katarsis, Kecemasan, Perempuan Korban KDRT.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Aug 2021 22:58
Last Modified: 31 Aug 2021 22:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43651

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum