DERADIKALISASI PEMIKIRAN KEAGAMAAN TERTUTUP DENGAN PENDEKATAN ISLAM INKLUSIF (Studi Peran Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Daerah Istimewa Yogyakarta- FKPT DIY)

ISNA NUR SYAIFUDDIN, NIM. 13510073 (2020) DERADIKALISASI PEMIKIRAN KEAGAMAAN TERTUTUP DENGAN PENDEKATAN ISLAM INKLUSIF (Studi Peran Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Daerah Istimewa Yogyakarta- FKPT DIY). Skripsi thesis, FAKULTAS USHULUDDIN.

[img]
Preview
Text (DERADIKALISASI PEMIKIRAN KEAGAMAAN TERTUTUP DENGAN PENDEKATAN ISLAM INKLUSIF (Studi Peran Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Daerah Istimewa Yogyakarta- FKPT DIY))
13510073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DERADIKALISASI PEMIKIRAN KEAGAMAAN TERTUTUP DENGAN PENDEKATAN ISLAM INKLUSIF (Studi Peran Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Daerah Istimewa Yogyakarta- FKPT DIY))
13510073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelian ini dilakukan untuk mengetahui proses deradikalisasi yang dilakukan lembaga Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Daerah Istimewa Yogyakarta-Fkpt DIY, yang menggunakan pendekatan Islam Inklusif dalam mereduksi pemamahamn dan pemikiran keagamaan tertutup atau eksklusif. enelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data melalui pbservasi, pengamatan, wawancara dan dokumentasi terhadap sumber yang diteliti. Tidak hanya berbagai tokoh dan pihak yang diambil sebagai unsur dalam penelitian tapi juga menyangkut berbagai isu, aksi, fenomena dan realitas yang dekat dengan tema penelitian. Masih adanya indikasi penyebaran paham radikal dan terorisme di wilayah DIY. Dalam penelitian ini ditemukan berbagai hal diantaranya mengapa isu dan pemahaman serta konsep islam inkludif dipilih sebagai uapaya deradikalisasi pemikiran keagamaan tertutup. Selain itu ditemukan sepak terjang FKPT-DIY dalam melaksakan fungsi derasikalisasi melalui berbagai bentuk kegiatan baik seminar, lokakarya, pelatihan, workshop, lomba media deradikalisasi, penelitian. Berbagai agenda dan kegiatan ini tercakup dalam berbagai divisi yang menyasar berbagai kalangan, di antaranya: divisi penelitian dan kajian, divisi pemberdayaaan pendidikan dan agama, divisi pemberdayaan sosial, budaya dan ekonomi, divisi pemberdayaan pemuda dan perempuan, dan divisi pemberdayaan media massa. Pengembangan Islam yang inklusif yang dilakukan dengan memberikan beberapa materi yang mengandung mengarah pada pendidikan Islam inklusif, di antaranya adalah meteri toleransi, keragaman, multikultural dan pluralitas, Islam rahmatan lil alamin. Strategi yang digunakan dalam pengembangan pendidikan agama Islam adalah kontra-propaganda dan kaunter-Pemahaman. Dan ditemukan hasil yang positif hingga hasil nyata dari pemakaian konsep ini yaitu kembalinya bebera[a narapidana eks-pelaku aksi teror yang kembali kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan keterbukaan pemikiran keagamaan yang terkonstruksi kembali melalui proses ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ISLAM INKLUSIF, RADIKALISME, ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 01 Sep 2021 10:47
Last Modified: 01 Sep 2021 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43669

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum