ORIENTASI SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN PEMAIN KESENIAN DOLALAK DI DESA BRENGGONG KECAMATAN PURWOREJO KABUPATEN PURWOREJO

MUHTOLIFA, NIM. 13520001 (2020) ORIENTASI SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN PEMAIN KESENIAN DOLALAK DI DESA BRENGGONG KECAMATAN PURWOREJO KABUPATEN PURWOREJO. Skripsi thesis, FAKULTAS USHULUDDIN.

[img]
Preview
Text (ORIENTASI SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN PEMAIN KESENIAN DOLALAK DI DESA BRENGGONG KECAMATAN PURWOREJO KABUPATEN PURWOREJO)
13520001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ORIENTASI SIKAP DAN PERILAKU KEAGAMAAN PEMAIN KESENIAN DOLALAK DI DESA BRENGGONG KECAMATAN PURWOREJO KABUPATEN PURWOREJO)
13520001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul, “Orientasi, Sikap dan Perilaku Keagamaan Pemain Kesenian Dolalak di Desa Brenggong Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo”. Kesenian dan agama tidak dapat dipisahkan karena keduanya saling berkaitan. Kesenian juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk dakwah. Seperti halnya kesenian Dolalak selain jadi sebuah hiburan di dalamnya terdapat nilai keagamaan yang terkandung dalam syair-syairnya seperti perintah utuk melaksanakan shalat lima waktu. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tentang kesenian Dolalak pada umumnya dan mengetahui orientasi, sikap dan perilaku mereka. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi non partisipatif, wawancara kepada ketua kesenian Dolalak, pemain musik dan para penari kesenian Dolalak, dan dokumentasi berupa buku, data, maupun foto. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi agama, menggunakan teori Raymond F. Paloutzian, pengolahan datanya secara kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini diantaranya; pertama, kesenian Dolalak adalah salah satu kesenian khas daerah Purworejo yang mana sampai saat ini kesenian tersebut menjadi semakin berkembang. Bahkan sejak awal adanya kesenian Dolalak dijadikan sebagai saran dakwah bagi para palaku kesenian Dolalak. Karena di dalam kesenian Dolalak mengandung nilai-nilai keislaman yang terkadung dalam syair-syairnya seperti perintah untuk ibadah shalat dan menuntut ilmu. Kedua, orientasi pemain kesenian Dolalak sangat beragam ada yang orientasi mereka karena ingin melestarikan kesenian dan sarana dakwah bagi mereka melalui media seni yang tekandung dalam syair-syairnya. Dan bagi penari karena mereka senang dan juga bisa menghasilkan duit ketika ikut kesenian Dolalak. Mengenai sikap mereka ketika bergabung dengan kesenian Dolalak yaitu mereka merasa sangat senang dapat diterima dengan baik. Dan hanya ada sedikit perbedaan diantara mereka. Yang awalnya bergabung dengan tujuan dakwah dan melestarikan budayanya mereka juga menganggap kesenian juga bisa dijadikan untuk sarana mencari nafkah tambahan. Dan bagi penari selain karena mereka hobi dan senang disisi lain mereka juga menjadikan seni sebagai sarana untuk mencari duit. Dalam hal perilaku, ketika orientasi keagamaan mereka esktrinsik ini yang akan terbentuk perilaku keagamaan seseorang yang bersifat serakah dan ketamakan. Tetapi walaupun pemain kesenian berorientasi ekstrinsik mereka tidak memiliki sifat serakah dan tamak. Karena pada dasarnya mereka berkesenian yaitu hanya untuk sarana mencari duit. Walaupun dalam hal ibadah mereka tetap menjalankan ritual-ritualnya seperti halnya shalat lima waktu, tetapi pada dasarnya dalam kesenian Dolalak mereka berorientasi ekstrinsik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Dian Nur Anna, S.Ag., M.A.,
Uncontrolled Keywords: prilaku keagamaan, kesenian dolalak, brenggong
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 01 Sep 2021 11:04
Last Modified: 01 Sep 2021 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43670

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum