AKULTURASI BUDAYA TIONGHOA PADA ARSITEKTUR BANGUNAN MASJID JAMIK SUMENEP (Studi Relief Masjid Jamik Sumenep)

RENDYANSYAH, NIM. 13520043 (2020) AKULTURASI BUDAYA TIONGHOA PADA ARSITEKTUR BANGUNAN MASJID JAMIK SUMENEP (Studi Relief Masjid Jamik Sumenep). Skripsi thesis, FAKULTAS USHULUDDIN.

[img]
Preview
Text (AKULTURASI BUDAYA TIONGHOA PADA ARSITEKTUR BANGUNAN MASJID JAMIK SUMENEP (Studi Relief Masjid Jamik Sumenep))
13520043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AKULTURASI BUDAYA TIONGHOA PADA ARSITEKTUR BANGUNAN MASJID JAMIK SUMENEP (Studi Relief Masjid Jamik Sumenep))
13520043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Masjid Agung Sumenep merupakan masjid kedua tertua di Madura. Dibangun pada masa pemerintahan Panembahan Sumolo, yakni tahun 1779, masjid ini merupakan hasil gotong royong masyarakat sekitar keraton dengan dipimpin oleh arsitek keturunan Cina bernama Lauw Piango. Masjid ini merupakan masjid yang kaya akan akulturasi budaya di dalamnya, yakni budaya Cina, Arab-Persia, Eropa, dan Jawa yang dapat dilihat dari elemen-elemen pembentuk desain komplek masjid secara keseluruhan. Hal tersebut sungguh menarik jika melihat desainnya yang dapat memadukan beragam budaya dalam fungsi tipologi dan estetika masjid yang terbentuk. Peneliti dalam skripsi ini mengajukan batasan masalah, bagaimana akulturasi budaya Tionghoa dan pengaruhnya pada masjid jamik Sumenep. Metode yang digunakan adalah metode penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan Antropologi Agama. Penelitian ini, peneliti membahas tentang akulturasi budaya dalam desain Masjid, terutama mengenai reliefnya. Peneliti menemukan pengaruh budaya Tionghoa di Jawa Timur dan Sumenep secara khusus, baik dari segi arsitekturnya dan sumbangsih kriyawan Tionghoa dalam membangun masjid. Kemudian pada unsur-unsur akulturasi budaya yang diterima oleh masyarakat Sumenep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ahmad Salehudin, S.Th.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Akulturasi, Masjid Jamik, Tionghoa, Sumenep
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 01 Sep 2021 11:36
Last Modified: 01 Sep 2021 11:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43678

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum