REALISME MAGIS PADA KARYA SASTRA DALAM MENGKONSTRUKSI TEOLOGI ISLAM (Studi Cerita Pendek Danarto “Mereka Toh Tak Mungkin Menjaring Malaikat”)

ABDUR RUDI, NIM. 13520053 (2020) REALISME MAGIS PADA KARYA SASTRA DALAM MENGKONSTRUKSI TEOLOGI ISLAM (Studi Cerita Pendek Danarto “Mereka Toh Tak Mungkin Menjaring Malaikat”). Skripsi thesis, FAKULTAS USHULUDDIN.

[img]
Preview
Text (REALISME MAGIS PADA KARYA SASTRA DALAM MENGKONSTRUKSI TEOLOGI ISLAM (Studi Cerita Pendek Danarto “Mereka Toh Tak Mungkin Menjaring Malaikat”))
13520053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (REALISME MAGIS PADA KARYA SASTRA DALAM MENGKONSTRUKSI TEOLOGI ISLAM (Studi Cerita Pendek Danarto “Mereka Toh Tak Mungkin Menjaring Malaikat”))
13520053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan sejarah peradaban umat manusia dalam kehidupannya selalu diwarnai dengan magis, dengan asumsi bahwa setiap benda alam semesta memiliki kekuatan magis yang membentuk serta melingkupinya. Juga halnya dengan agama, yang merupakan respon terhadap kebutuhan akan konsepsi yang tersusun mengenai alam semesta. Konsepsi-konsepsi tersebut membawa penganut agama pada pemahaman supranatural yang dibagi menjadi dua corak. Corak pertama seorang pribadi religius memperlakukan yang adikodrati sebagai subjek, sedangkan seorang ahli magis memperlakukannya sebagai objek. Magis memaksa yang ilahi, sedangkan agama adalah ketaatan. Dua Wilayah yang berbeda. Sedangkan di sisi lain, sastrawan Danarto mengemas dua corak tersebut dalam satu karangan cerita pendek yang bercarok realisme magis. Karangan yang memunculkan subjek dan objek sekaligus dalam satu karangan. Sehingga peneliti membuat batasan masalah, bagaimana realisme magis karya sastra tersebut? Dan bagaimana karangan tersebut mampu mengkonstruksi teologi islam?. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan fenomenologi agama. Hasil yang diperoleh dari peneliti ini adalah cerita tersebut dapat membawa pembaca pada pemahaman suatu kepercayaan spritual yang melibatkan dunia magis, dengan mengenalkan bahwa di dalam cerpen tersebut terdapat teologi yang ‘tak terbatas’ dan ‘terbatas’. Kemudian untuk memunculkan realisme magisnya peneliti mamasukkan unsur Irreduceable Elements, Irreduceable Elements,Unsettling Doubt, Merging realms, dan Disruptions of time, space, identity. Inilah yang ditampilkan oleh cerpen “Mereka Toh Tidak Mungkin Menjaring Malaikat” karya Danarto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ustadi Hamzah, S.Ag, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Agama, Realisme Magis, Danarto
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 01 Sep 2021 13:07
Last Modified: 01 Sep 2021 13:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43686

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum