Rancang Bangun Sistem Pengatur Intensitas Cahaya Pada Ruang Belajar Menggunakan Sensor LDR Berbasis Pulse Width Modulation (PWM) Dan Arduino Nano

Ika Dahrotul Hikmah, NIM. 14620040 (2021) Rancang Bangun Sistem Pengatur Intensitas Cahaya Pada Ruang Belajar Menggunakan Sensor LDR Berbasis Pulse Width Modulation (PWM) Dan Arduino Nano. Skripsi thesis, FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI.

[img]
Preview
Text (Rancang Bangun Sistem Pengatur Intensitas Cahaya Pada Ruang Belajar Menggunakan Sensor LDR Berbasis Pulse Width Modulation (PWM) Dan Arduino Nano)
14620040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Rancang Bangun Sistem Pengatur Intensitas Cahaya Pada Ruang Belajar Menggunakan Sensor LDR Berbasis Pulse Width Modulation (PWM) Dan Arduino Nano)
14620040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemenuhan pencahayaan ruang sesuai standar. Tujuan dari penelitian iniadalah untuk mengkarakterisasi sensor LDR yang digunakan sebagai deteksi intensitas cahaya lingkungan sekitar sistem. Selain itu bertujuan untuk merancang dan membuat sistem pengatur intensitas cahaya pada ruang belajar menggunakan sensor LDR berbasis Pulse Width Modulation (PWM) dan Arduino Nano. Kemudian penelitian ini juga bertujuan untuk menguji kinerja dari sistem pengatur intensitas cahaya. Pembuatan sistem pengatur intensitas cahaya dilakukan dalam empat tahapan yaitu karakterisasi sensor LDR, perancangan, pembuatan, dan pengujian kinerja sistem. KarakterisasiSensor LDR dilakukan dengan mencari fungsi transfer dan hubungan input-outputnya. Perancangan sistem dibuat dengan menggunakan software SolidWork, sedangkan pembuatan sistem dilakukan dengan mempersiapkan alat dan bahan, perakitan komponen dan pengecekan alat yang disesuaikan dengan rancangan. Pengujian dilakukan dengan membandingkan sistem intensitas cahaya dengan luxmeter standar yang dilakukan secara berulang sebanyak 5 kali.Sensor LDR yang digunakan dalam penelitian ini memiliki fungsi transfer V=0,2656E dengan hubungan input-outputnya sangat kuat yakni sebesar 0,9951. Sistem pengatur intensitas cahaya pada ruang belajar telah berhasil dirancang dan dibuat menggunakan sensor LDR berbasis PWM dan Arduino Nano. Sistem pengatur intensitas cahaya yang telah dibuat mempunyai kinerja yang baik sekali dengan akurasi sebesar 99,98% dan presisi (repeatability) sebesar 98,63%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Frida Agung Rakhmadi, S.Si, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Sensor LDR, Pulse Width Modulation (PWM), Mikrokontroler Arduino Nano, Sistem pengatur intensitas cahaya
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 01 Sep 2021 18:01
Last Modified: 01 Sep 2021 18:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43693

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum