PONDOK PESANTREN AL-IMDAD DAN PERANNYA DALAM PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI DUKUH KAUMAN WIJIREJO PANDAK BANTUL YOGYAKARTA (1996-2019 M)

Moh. Thobibulloh Zamzami, NIM.: 13120031 (2020) PONDOK PESANTREN AL-IMDAD DAN PERANNYA DALAM PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI DUKUH KAUMAN WIJIREJO PANDAK BANTUL YOGYAKARTA (1996-2019 M). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PONDOK PESANTREN AL-IMDAD DAN PERANNYA DALAM PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI DUKUH KAUMAN WIJIREJO PANDAK BANTUL YOGYAKARTA (1996-2019 M))
13120031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PONDOK PESANTREN AL-IMDAD DAN PERANNYA DALAM PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI DUKUH KAUMAN WIJIREJO PANDAK BANTUL YOGYAKARTA (1996-2019 M))
13120031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pondok pesantren Al- Imdad didirikan oleh K.H. Humam Bajuri pada tahun 1980 di Dukuh Kauman, Wijirejo, Pandak, Bantul, Yogyakarta. Berawal dari spirit keagamaan melalui pengajian kemudian berkembang dan menjadi sebuah institusi pendidikan, yaitu Pondok Pesantren Al-Imdad. Peran Pondok Pesantren Al-Imdad dalam memajukan pendidikan Islam telah menarik minat peneliti untuk meneliti tentang sejarah dan perkembangan Pondok Pesantren Al-Imdad serta dampak terhadap masyarakat Kauman tahun 1996-2019 M. Adapun masalah yang peneliti rumuskan dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana latar belakang berdirinya Pondok Pesantren Al-Imdad dan perkembangannya dari tahun 1996-2019 M, serta apa saja peranan Pondok Pesantren Al-Imdad terhadap perubahan sosial masyarakat di Dukuh Kauman. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang meliputi empat langkah, yaitu: pengumpulan sumber (heuristik), kritik sumber (verifikasi), interpretasi, dan historiografi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologi tentang perubahan sosial. Adapun teori yang digunakan ialah teori Peranan Sosial yang dikemukakan oleh Erving Goffman, yang menyatakan bahwa peranan sosial didefinisikan dalam pengertian pola-pola atau norma-norma perilaku yang diterapkan dari orang atau lembaga yang menduduki posisi tertentu dalam struktur sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan Pondok Pesantren Al-Imdad dari tahun ke tahun tidak terlepas dari pengelolaan yang baik dan terstruktur dari pihak pondok, baik pengelolaan dalam pendidikan formal maupun non-formal. Adapun peran dari Pondok Pesantren Al-Imdad terhadap perubahan yang terjadi di masyarakat Dukuh Kauman terbagi dalam tiga bentuk, di antaranya sosial-keagamaan, pendidikan, dan ekonomi. Dalam bidang sosialkeagamaan ditandai dengan terjalinnya hubungan yang saling memahami antar masyarakat, juga hubungan yang baik antara masyarakat dan santri. Dalam bidang pendidikan ditandai dengan meningkatnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya pendidikan, baik yang berbentuk formal maupun non-formal seperti pengajian tradisional. Dalam bidang ekonomi ditandai dengan terbantunya masyarakat Dukuh Kauman, terutama dalam masalah pekerjaan. Hal ini tidak terlepas dari usaha-usaha yang ada di Pondok Pesantren Al-Imdad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Imam Muhsin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren Al-Imdad, Masyarakat Dukuh Kauman
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Sosial, Perubahan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 01 Sep 2021 20:03
Last Modified: 01 Sep 2021 20:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43699

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum