TELAAH METODOLOGIS PEMIKIRAN K.H. MOENAWAR CHALIL TENTANG SLOGAN KEMBALI KEPADA AL-QUR’AN (STUDI ATAS BUKU KEMBALI KEPADA AL-QUR’AN DAN AS-SUNNAH)

Ida Khikmawati, NIM: 13530091 (2020) TELAAH METODOLOGIS PEMIKIRAN K.H. MOENAWAR CHALIL TENTANG SLOGAN KEMBALI KEPADA AL-QUR’AN (STUDI ATAS BUKU KEMBALI KEPADA AL-QUR’AN DAN AS-SUNNAH). Skripsi thesis, FAKULTAS USHULUDDIN.

[img]
Preview
Text (TELAAH METODOLOGIS PEMIKIRAN K.H. MOENAWAR CHALIL TENTANG SLOGAN KEMBALI KEPADA AL-QUR’AN (STUDI ATAS BUKU KEMBALI KEPADA AL-QUR’AN DAN AS-SUNNAH))
13530091_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TELAAH METODOLOGIS PEMIKIRAN K.H. MOENAWAR CHALIL TENTANG SLOGAN KEMBALI KEPADA AL-QUR’AN (STUDI ATAS BUKU KEMBALI KEPADA AL-QUR’AN DAN AS-SUNNAH))
13530091_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang metodologi pemikiran K.H. Moenawar Chalil tentang slogan kembali kepada Al-Qur’an. Tema ini kembali diangkat karena sampai hari ini fenomena gagasan tentang kembali kepada Al-Qur’an masih mencuat ke permukaan. K.H. Moenawar Chalil menjadi pilihan karena setidaknya dua alasan. Pertama, sosok K.H. Moenawar Chalil tidak seperti sebagian kelompok yang dewasa ini menyuarakan gagasan kembali kepada Al- Qur’an namun justru dicurigai oleh ulama lain dan bahkan seperti ditentang oleh negara. Kedua, kepopuleran K.H. Moenawar Chalil yang telah diakui oleh Himpunan Pengarang Indonesia. Berdasarkan hal-hal tersebut maka penelitian ini mengangkat permasalahan terkait dengan metodologi pemikiran K.H. Moenawar Chalil tentang slogan kembali kepada Al-Qur’an. Sumber primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku karangan K.H. Moenawar Chalil yang berjudul Kembali Kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Dengan begitu jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian library research. Salah satu kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah terkait dengan teori kebenaran. Penelitian ini membahas, pertama, terkait dengan pandangan umum tentang Al-Qur’an. Kedua, biografi K.H. Moenawar Chalil dan gambaran umum kembali kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah meliputi gambaran tentang kondisi dan situasi sosio-kultural kehidupan K.H. Moenawar Chalil dan saat karyanya tersebut ditulis, serta pendapat tokoh-tokoh atau ulama lain tentang sosok K.H. Moenawar Chalil. Ketiga, metodologi pemikiran K.H. Moenawar Chalil terkait dengan slogan kembali kepada Al-Qur’an. Dari seluruh uraian yang ada, yang dimaksud dengan kembali kepada Al- Qur’an pada dasarnya adalah memfungsikan kembali Al-Qur’an baik sebagai kitab pedoman hidup dan kitab hukum yang pokok. Secara metodologis, pemikiran K.H. Moenawar Chalil sendiri terbentuk dari sumber penafsiran yang berbasis pada ra’y dan gramatika bahasa Arab. Dikatakan lebih berbasis pada ra’y karena hanya terdapat beberapa riyawat yang dikutip oleh K.H. Moenawar Chalil dan penafsiran K.H. Moenawar Chalil atas-atas ayat-ayat Al-Qur’an yang tampak seperti menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur’an. Hal tersebut berbeda dengan tafsir bil ma’tsur yang sangat dominan dalam menggunakan dan atau mencantumkan riwayat-riwayat. Sementara dari segi metode, K.H. Moenawar Chalil menggunakan beberapa metode sekaligus, di antaranya adalah metode tematik. Sedangkan standar kebenaran yang terlihat dari pendapat-pendapat K.H. Moenawar Chalil adalah selalu mengaitkan pendapat dengan ayat-ayat Al- Qur’an, atau dengan kata lain pendapat-pendapat K.H. Moenawar Chalil selalu disertai dengan dalil Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ali Imron, S.Th.I., M.S.I
Uncontrolled Keywords: K.H. Moenawar Chalil, al-Qur'an, pedoman hidup
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 02 Sep 2021 10:25
Last Modified: 02 Sep 2021 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43720

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum