AL QISSHAH AL QASHIRAH “NISHF YAUM” LI NAJIB MAHFUDH DIRASAH TAHLILIYYAH SIMYAIYYAH LI CHARLES SANDERS PEIRCE

Anik Maftuhah, NIM.: 14110114 (2020) AL QISSHAH AL QASHIRAH “NISHF YAUM” LI NAJIB MAHFUDH DIRASAH TAHLILIYYAH SIMYAIYYAH LI CHARLES SANDERS PEIRCE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL QISSHAH AL QASHIRAH “NISHF YAUM” LI NAJIB MAHFUDH DIRASAH TAHLILIYYAH SIMYAIYYAH LI CHARLES SANDERS PEIRCE)
14110114_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (AL QISSHAH AL QASHIRAH “NISHF YAUM” LI NAJIB MAHFUDH DIRASAH TAHLILIYYAH SIMYAIYYAH LI CHARLES SANDERS PEIRCE)
14110114_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi berjudul al Qisshah al Qashirah “Nishf Yaum” Li Najib Mahfudh Dirasah Tahliliyyah Simyaiyyah Li Charles Sanders Peirce dilatar belakangi oleh objek material dan objek formal. Dari sisi objek materialnya pemilihan cerpen Nishf Yaum karena cerpen ini merupakan salah satu judul dalam antologi cerpen Al Fajr Al Kadzib karya Najib Mahfudh yang diterbitkan oleh library Mesir pada tahun 1988. Cerpen ini merupakan cerita pendek yang menceritakan perjalanan kehidupan di bumi dan kecepatan di mana kehidupan dimulai dan berakhir. Begitu juga memberikan representasi pada tahapan dan perubahan yang terjadi dalam diri seseorang selama mereka hidup di bumi. Pesan semiotik yang terdapat dalam cerpen ini adalah bahwa hidup di dunia ini hanya sebentar. lakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat. Dari sisi objek formalnya penggunaan teori semiotik Charles Sanders Peirce karena teori ini sangat efektif untuk mengkaji karya sastra Arab yang selalu menarik dengan keindahan bahasanya dan kedalaman maknanya yang sarat dengan unsur-unsur balaghi, sehingga membutuhkan analisis secara komprehensif untuk memahami makna-makna yang tersirat di dalamnya. Skripsi ini mengkaji unsur-unsur semiotik yang diusung oleh Charles Sanders Peirce terfokus pada bagian paling fundamental dari tanda, yaitu berupa ikon, indeks, dan simbol pada cerpen Nishf Yaum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan jenis penelitian library research. Dengan menggunakan teori tersebut hasil yang ditemukan adalah, ikon: gambaran sekolah, gambaran keadaan di masa lalu (sebelum berangkat sekolah), dan gambaran berubahnya keadaan sepulang dari sekolah. Indeks: menangis, bingung, ridha, bermuka kecut dan masam, bukan hari raya, hari pertama memasuki sekolah, perasaan sangat mengenal seseorang ketika melihatnya dan pabrik. Simbol: anggukan kepala, berjabat tangan, menolong, surga ma‟wa, pagi buta, matahari tenggelam, setengah hari, sekolah, pintu gerbang, guru perempuan dan laki-laki dan mengulurkan tangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Bermawy Munthe, M.A.
Uncontrolled Keywords: Cerpen, Semiotik, Ikon, Indeks, Simbol.
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Sep 2021 13:46
Last Modified: 02 Sep 2021 21:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43741

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum