DUSUN MLANGI SEBAGAI KAMPUNG SANTRI (DINAMIKA MASYARAKAT MLANGI PASCA DITETAPKAN SEBAGAI KAMPUNG SANTRI 2000-2019)

Sasadara, NIM.: 16120095 (2020) DUSUN MLANGI SEBAGAI KAMPUNG SANTRI (DINAMIKA MASYARAKAT MLANGI PASCA DITETAPKAN SEBAGAI KAMPUNG SANTRI 2000-2019). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DUSUN MLANGI SEBAGAI KAMPUNG SANTRI (DINAMIKA MASYARAKAT MLANGI PASCA DITETAPKAN SEBAGAI KAMPUNG SANTRI 2000-2019))
16120095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DUSUN MLANGI SEBAGAI KAMPUNG SANTRI (DINAMIKA MASYARAKAT MLANGI PASCA DITETAPKAN SEBAGAI KAMPUNG SANTRI 2000-2019))
16120095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Mlangi merupakan salah satu wilayah pathok negoro milik Kesultanan Yogyakarta atas kehendak Sultan Hamengkubuwono. Letaknya berada di daerah barat. Fungsi simbolik dan tugas yang diberikan Sultan kepada pejabat pathok negoro maka dijadikan daerah perdikan dan dibangun sebuah masjid khusus. Dusun ini didirikan oleh Kyai Nur Iman atau Bendoro Pangeran Hangebehi Sandiyo, yang merupakan Keluarga Keraton Surakarta. Pada tanggal 23 Oktober tahun 2000, Mlangi ditetapkan menjadi Desa Wisata Religi dan Kampung Santri oleh Pemerintah Daerah Sleman. Hal ini lantaran banyaknya pesantren yang ada di Mlangi serta kehidupan masyarakatnya yang agamis karena dihuni oleh kaum santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan Sosiologi, dan teori yang digunakan adalah teori Evolusi menurut Herbet Spencer. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan karena penulis akan banyak mengumpulkan sumber sejarah di lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah. Dalam metode penelitian sejarah mencangkup pengambilan data tertulis maupun tidak tertulis (wawancara), verifikasi data/kritik sumber serta historiografi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penetapan Mlangi sebagai Kampung Santri dan Desa Wisata Religi serta didorong oleh beberapa faktor seperti perubahan zaman dan modernisasi, perubahan pola pikir dan banyaknya masyarakat luar yang datang ke Mlangi, sehingga membawa dampak perubahan bagi masyarakat Mlangi baik dari segi sosial, budaya, agama, pendidikan dan ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Riswinarno, S.S., M.M.
Uncontrolled Keywords: Mlangi, Kampung Santri, Dinamika Masyarakat
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Sep 2021 13:23
Last Modified: 03 Sep 2021 13:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43772

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum