NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM NOVEL SEBELAS PATRIOT KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Az Zahra Alfiana Agustina, NIM.: 13410094 (2020) NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM NOVEL SEBELAS PATRIOT KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM NOVEL SEBELAS PATRIOT KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
13410094_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM NOVEL SEBELAS PATRIOT KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
13410094_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tentang globalisasi yang semakin meluas sehingga dampaknya moralitas bangsa semakin hilang. Masyarakat yang terus mengikuti perkembangan zaman dan tidak mau dikatakan tidak mengikuti iptek cenderung mengikuti gaya hidup ke Barat-baratan.Untuk itu masyarakat harus cermat dan bijak dalam menghadapi perkembangan zaman dengan memanfaatkan sesuatu yang berguna bagi perkembangan bangsa tanpa menghilangkan ciri khas bangsa. Meningkatkan rasa cinta tanah air diperlukan kesadaran dari diri individu masing-masing. Banyak cara untuk meningkatkan cinta tanah air, misalnya dengan menghayati lagu-lagu kebangsaan, mempelajari sejarah bangsa Indonesia, dan membaca karya-karya sastra yang mengandung nilai-nilai nasionalisme, seperti novel, puisi dan lain-lain. Salah satu contoh karya sastra yaitu novel karya Andrea Hirata yang menceritakan tentang cinta tanah air. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menghimpun data dari berbagai literatur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai nasionalisme yang terdapat dalam novel sebelas patriot karya Andrea Hirata ada lima, yaitu 1) persatuan dan kesatuan 2) rela berkorban 3) rasa bangga 4) cinta tanah air 5) menjunjung nilai kemanusiaan (moral). Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam dalam penelitian ini dikaji dari segi tujuan pendidikan dan metode pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Munawwar Khalil, SS, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Nasionalisme dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 04 Sep 2021 10:52
Last Modified: 04 Sep 2021 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43799

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum