MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIZ ALQURAN KELAS VIII MTs NEGERI 2 SLEMAN

Lulu Hifdiatul Amalina, NIM.: 13410101 (2020) MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIZ ALQURAN KELAS VIII MTs NEGERI 2 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIZ ALQURAN KELAS VIII MTs NEGERI 2 SLEMAN)
13410101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIZ ALQURAN KELAS VIII MTs NEGERI 2 SLEMAN)
13410101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya pembelajaran Tahfiz Alquran yang tergolong baru, sehingga membutuhkan adanya proses manajemen untuk tercapainya pembelajaran dengan baik. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu: Pertama, Mengetahui awal mula dan kondisi pembelajaran Tahfidz Alquran di kelas VIII MTs Negeri 2 Sleman. Kedua, untuk mengetahui manajemen pembelajaran Tahfiz Alquran di kelas VIII MTs Negeri 2 Sleman. Ketiga, Mengetahui faktor penghambat dalam manajemen pembelajaran Tahfiz Alquran di kelas VIII MTs Negeri 2 Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dengan metode penelitian lapangan kualitatif yang mengambil lokasi di MTs Negeri 2 Sleman. Populasi penelitian ini kepala sekolah, waka kurikulum dan guru penanggung jawan Mata pelajaran Tahfiz Alquran di MTs Negeri 2 Sleman Tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dalam pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan 1) Adanya awal mula dibentuknya materi pembelajaran Tahfiz Alquran ini adalah untuk membekali pesera didik dapat membaca Alquran dengan baik serta Alquran minimal juz 30. 2) Adanya manajemen pembelajaran Tahfiz Alquran di kelas VIII MTs Negeri 2 Sleman yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. 3) Faktor penghambat dalam manajemen yaitu: Hambatan perencanaan, sebagian kurikulum belum dijalankan, Hambatan pengorganisasian, tidak semua guru materi Tahfiz Alquran dilibatkan dalam Rencana Kerja Madrasah. Hambatan pelaksanaan, peserta didik kurang konsentrasi, guru atau penanggung jawab tidak dapat mengendalikan peserta didik. Hambatan pengawasan, guru tidak mampu memahami semua kemampuan peserta didik. Hambatan evaluasi, proses evaluasi yang berjalan dengan lancar namun pengaplikasiannya tidak selalu sejalan dengan keinginan-keinginan saat evaluasi dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Tahfiz Alquran
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 04 Sep 2021 11:00
Last Modified: 04 Sep 2021 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43800

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum