IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AKHLAK PADA PEMBELAJARAN SENI KARAWITAN DAN MEMBATIK DI SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA

Dhiny Amalia Yusuf, NIM.: 13410201 (2020) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AKHLAK PADA PEMBELAJARAN SENI KARAWITAN DAN MEMBATIK DI SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AKHLAK PADA PEMBELAJARAN SENI KARAWITAN DAN MEMBATIK DI SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA)
13410201_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AKHLAK PADA PEMBELAJARAN SENI KARAWITAN DAN MEMBATIK DI SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA)
13410201_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sekolah yang letak geografisya berada di tengah kota dengan basis seni dan budaya di dalam kurikulumnya, dan menjadi sarana penunjang yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai akhlak kepada siswa melalui seni dan budaya yang sebelumnya salah dalam mengekspresikan. Fokus penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam seni karawitan dan membatik di sekolah. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisa secara kritis tentang nilainilai akhlak pada seni karawitan dan mata pelajaran membatik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMA N 9 Yogyakarta dengan sumber data pembina karawitan, guru membatik, siswa yang mengikuti pelajaran membatik dan ektrakurikuler karawitan, guru PAI, dan kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggali makna data yang dikumpulkan kemudian menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan : 1. nilai-nilai akhlak dilakukan melalui internalisasi seni karawitan dan membatik dengan mengajarkan nilai-nilai filosofis, sejarah, dan pembiasaan. Pada proses kreasi dan ekspresi memunculkan akhlak siswa antara lain akhlak kepada Allah berupa menumbuhkan rasa syukur, akhlak kepada sesama manusia berupa semangat kebersamaan, menghargai antar sesama dan menghargai karya orang lain, gotong royong, dan sopan santun. Akhlak kepada diri sendiri diantaranya adalah mandiri, penyabar, teliti, tanggung jawab, percaya diri, melatih kepekaan estetis memunculkan kreativitas, serta bangga terhadap keragaman budaya yang dimiliki, dan akhlak kepada lingkungan yaitu menjaga kelestarian alam. Dengan demikian siswa mampu memahami makna budaya yang sesungguhnya. 2. Faktor pendukung implementasi nilainilai akhlak pada kegiatan ekstrakurikuler karawitan dan membatik adalah minat, bakat, motivasi, pelatih yang profesional, serta ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat adalah tidak adanya bakat, minat, maupun motivasi serta keterbatasan waktu dalam latihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Karwadi, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Akhlak, Karawitan, Membatik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 06 Sep 2021 10:37
Last Modified: 06 Sep 2021 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43868

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum