INTOLERANSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA (Studi di MA/SMA Islam di Kota Yogyakarta dan Sleman)

Muhammad Yasid, NIM.: 13410206 (2020) INTOLERANSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA (Studi di MA/SMA Islam di Kota Yogyakarta dan Sleman). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTOLERANSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA (Studi di MA/SMA Islam di Kota Yogyakarta dan Sleman))
13410206_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (INTOLERANSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA (Studi di MA/SMA Islam di Kota Yogyakarta dan Sleman))
13410206_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Dilatar belakangi oleh kecenderungan muslim indonesi a yang lebih intoleran akhir-akhir ini hal itu terlihat dari bagaimana bersikap dan cara beragamanya. Sikap penolakan pada pemimpin pemerintahan non-muslim, penolakan pada pendirian tempat ibadah agama lain, dan diskriminasi pada kelompok minoritas. Tidak mengakui terhadap kelompok yang lain dan kecenderungan intoleran juga terjadi pada guru-guru (PPMI 2018). Penelitianinibertujuanuntukmengetahui: 1) tangkat intoleransi Guru Pendidikan Agama Islam di MA/SMA Islam di Kota Yogyakarta dan Sleman, 2) faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan intoleransi Guru Pendidikan Agama Islam di MA/SMA Islam di Kota Yogyakarta dan Sleman tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Studi korelasi digunakan untuk mencari korelasi atau hubungan antar variabel. Populasinya adalah seluruh Guru Pendidikan Agama Islam di MA/SMA Islam di Kota Yogyakarta dan Sleman. Teknik sampling kluster digunakan pada sekolah tersebut, yang berjumlah 47 guru PAI. Pengumpulan data utama menggunakan angket yang terlebih dahulu divalidasi oleh ahli, lalu pengumpulan data sekundernya menggunakan wawancara. Data angket dihitung menggunakan statistic deskriptif untuk memperoleh data yang diinginkan, lalu dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji One Sample Kormogorov-Smirnov, setelah dilakukan uji prasyarat analisis untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan intoleransi guru PAI maka dilakukan pengujian korelasi linier bergandan dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan tingkat intoleransi gur u PAI di MA/SMA Islam di Kota Yogyakarta dan Sleman menunjukkan persentase tingkat intoleransi sedang, dengan rerata sebesar 64,36. Khusus untuk guru PAI di Kota Yogyakarta, menunjukkan kategori tingkat intoleransi sedang, dengan rerata sebesar 65.64. Sedangkan untuk guru PAI di Sleman, menunjukkan k ategori tingkat intoleransi sedang, dengan rerata sebesar 62,18.Adapun faktor-faktor yang berhubungan langsung dengan intoleransi guru PAI dinilai dari kontribusi terbesar sampai dengan terkecil disumbangkan oleh variabel dukungan pada kelompok vigilante dengan nilai koefisien determinasi adjusted (Adjusted R²) sebesar 0, 292. Diikuti dengan variabel tingkat konservatisme dengan koefisien determinasi adjusted (Adjusted R²) sebesar 0, 11.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sri Purnami, S.Psi. M.A
Uncontrolled Keywords: Guru Pendidikan Agama Islam, Intoleransi, dan Faktor-Faktor yang Berhubungannya
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 06 Sep 2021 11:07
Last Modified: 06 Sep 2021 11:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43871

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum