PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MEMBACA AL–QURAN DI SMP NEGERI 1 KALASAN

Minan Zuhri, NIM.: 13410225 (2020) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MEMBACA AL–QURAN DI SMP NEGERI 1 KALASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MEMBACA AL–QURAN DI SMP NEGERI 1 KALASAN)
13410225_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN SISWA MEMBACA AL–QURAN DI SMP NEGERI 1 KALASAN)
13410225_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Judul ini di ambil dan di teliti karena di latar belakangi maraknya peserta didik di sekolah menengah pertama yang kesulitan dan bahkan belum bisa membaca Al Quran dengan baik. Jika di lihat dari sumber belajar yang ada, seharusnya peserta didik pada zaman sekarang lebih mudah belajar membaca Al-Quran. Karena tidak hanya mengandalkan guru sebagai media ajar. Tapi banyak teknologi yang bisa di gunakan untuk belajar tapi disalah fungsikan oleh para peserta didik. Kemampuan dasar dalam membaca Al-Quran. Yakni, mereka sudah dapat mengenali hurufhuruf yang ada dalam Al-Quran. Tapi untuk pengembangan kemampuan mereka inilah yang menjadi masalah. Semakin mereka tumbuh bukan semakin giat untuk membaca Al-Quran, tapi semakin mereka tumbuh semakin lupa dengan Al-Quran. Inilah fenomena yang terjadi untuk sebagian besar dari peserta didik. Maka dari itu peranan guru di sekolah, khususnya guru agama sangat di perlukan untuk menumbuh kembangkan kembali kebiasaan untuk membaca Al-Quran pada peserta didik yang sempat hilang. Dengan mengacu pada latar belakang masalah, maka penulis rumuskan beberapa masalah berikut: 1) Bagaimana peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalasan ?, 2) Bagaimana kemampuan membaca Al- Quran siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalasan?, 3) Faktor pendukung dan penghambat peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalasan? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendiskripsikan peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al Quran siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalasan, 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan membaca Al Quran siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalasan, 3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasin kesulitan membaca Al Quran siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dimana menggunakan kajian studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Dalam analisis data, kami menggunakan analisis data deskriptif sebagai metode dalam memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Dalam mengatasi kesulitan membaca Al Quran yang di alami oleh peserta didik ini, peranan guru Pendidikan Agama Islam sangat membantu. Di mulai dari penggunaan metode mengajar sampai pemilihan tempat untuk belajar. Semua diperhatikan oleh guru agar proses belajar yang mereka lakukan benar-benar bermakna. 2) Tingkat kemampuan membaca Al Quran peserta didik yang sangat beragam. Dimulai dari hanya mengenal huruf-huruf hijaiyah sampai kemampuan membaca Al Quran yang sudah baik. 3) Banyak upaya yang telah di lakukan oleh guru dalam membantu peserta didik dalam membaca Al Quran. Tidak semua upaya tersebut berjalan sesuai harapan. Banyak faktor-faktor yang mendukung maupun yang menghambat. Semangat dan kemauan untuk belajar dari peserta didik menjadi faktor pendukung utama, sedangkan alokasi waktu menjadi faktor penghambat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Peranan guru, Kesulitan Membaca Al Quran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 06 Sep 2021 13:23
Last Modified: 06 Sep 2021 13:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43884

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum