STATUS HUKUM TRANSAKSI GO-PAY DALAM ISLAM (STUDI KOMPARASI FATWA MAJELIS TARJIH DAN TAJDID MUHAMMADIYAH DAN DEWAN FATWA PERHIMPUNAN AL-IRSYAD)

Faisal Khaqi, NIM. 13360006 (2020) STATUS HUKUM TRANSAKSI GO-PAY DALAM ISLAM (STUDI KOMPARASI FATWA MAJELIS TARJIH DAN TAJDID MUHAMMADIYAH DAN DEWAN FATWA PERHIMPUNAN AL-IRSYAD). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STATUS HUKUM TRANSAKSI GO-PAY DALAM ISLAM (STUDI KOMPARASI FATWA MAJELIS TARJIH DAN TAJDID MUHAMMADIYAH DAN DEWAN FATWA PERHIMPUNAN AL-IRSYAD))
13360006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STATUS HUKUM TRANSAKSI GO-PAY DALAM ISLAM (STUDI KOMPARASI FATWA MAJELIS TARJIH DAN TAJDID MUHAMMADIYAH DAN DEWAN FATWA PERHIMPUNAN AL-IRSYAD))
13360006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun 2018 Dewan Fatwa Perhimpunan Al-Irsyad mengeluarkan fatwa tentang Go-Pay, dalam fatwanya Dewan Fatwa Perhimpunan Al-Irsyad menganggap bahwa akad Go-Pay merupakan akad qardh serta diskon yang ditawarkan merupakan riba sehingga membuatnya haram untuk digunakan. Setahun setelahnya pada tahun 2019 Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah melakukan pembahasan yang sama, dengan bertolak pada pendapat keharaman Go-Pay, Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah justru berkesimpulan bahwa akad Go-Pay merupakan akad ijarah sehingga Go-Pay boleh untuk digunakan sebagai metode dalam bertransaksi. Dari perbedaan fatwa lembaga ormas tersebut, maka penysusn tertarik untuk mengkaji bagaimana metode ist}inba>th hukum Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah dan Dewan Fatwa Perhimpunan Al-Irsyad dalam menetapkan fatwa hukum Go-Pay serta bagaiamana persamaan dan perbedaannya. Penelitian ini adalah penelitian Library Research yaitu penelitian yang mengambil dan mengolah datanya dari sumber kepustakaan. Pendekatan yang digunakan penyusun adalah pendekatan normatif, yaitu pendekatan terhadap masalah yang diteliti dengan mengkaji berdasarkan pandangan hukum Islam. Penelitian ini bersifat deskriptif-komparatif, yaitu penelitian yang berusaha memberikan gambaran secara sistematis mengenai fatwa Majelis Tarjih dan dan Tajdid Muhammadiyah dan Dewan Fatwa Perhimpunan Al-Irsyad tentang hukum Go-Pay, kemudian menganalisis dengan membandingkan kedua fatwa tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah menggunakan metode istinbath i}st}islaḥ}i dengan berpijak pada kemaslahatan. Dalam hal ini, Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah menyamakan skema akad ijarah dalam Go-Pay dengan akad salam, sehingga berkonsekuensi pada kebolehan dalam menggunakannya. Sementara Dewan Fatwa Perhimpunan Al-Irsyad menggunakan metode ist}inba>th i}lhaq}i dengan menganalogikan top-up Go-Pay dengan pendapat Ibnu Abidin tentang menitipkan uang di toko sembako yang berkonsekuensi kepada transaksi qardh (hutang). Menurut Dewan Fatwa Perhimpunan Al-Irsyad diskon tersebut adalah manfaat dari hutang dan itu adalah riba. Adapun persamaannya ialah keduanya sama-sama mengutip pendapat tentang kebolehan dalam akad salam, yang membedakan ialah menurut Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah skema akad ija>rah dalam Go-Pay sama halnya dengan skema akad salam, sedangkan Dewan Fatwa Perhimpunan Al�Irsyad menganggap skema Go-Pay berbeda dengan akad salam karena adanya ketidakjelasan harga pada saat transaksi. Dalam hal ini, Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah merujuk pada kitab al-Mausu’ah al-Fikhiyah al-Kuwaitiyah, sedangkan Dewan Fatwa Perhimpunan Al-Irsyad merujuk pada pendapat Ibnu Abidin (Ulama mazhab Hanafi) dalam kitabnya Hasyiah Roddul Mukhtar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fuad Mustafid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Hukum Go-Pay; Dewan Fatwa Al-Irsyad; istinbath; ijarah
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Sep 2021 17:35
Last Modified: 06 Sep 2021 17:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43897

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum