KEANEKARAGAMAN SPESIES DAN HOMOLOGI GEN nifH PADA BAKTERI PEMFIKSASI NITROGEN YANG BERASAL DARI PERAKARAN PADI (Oryza sativa) DI DAERAH PESISIR

Rizki Aditya Riyanti, NIM.: 13640012 (2020) KEANEKARAGAMAN SPESIES DAN HOMOLOGI GEN nifH PADA BAKTERI PEMFIKSASI NITROGEN YANG BERASAL DARI PERAKARAN PADI (Oryza sativa) DI DAERAH PESISIR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEANEKARAGAMAN SPESIES DAN HOMOLOGI GEN nifH PADA BAKTERI PEMFIKSASI NITROGEN YANG BERASAL DARI PERAKARAN PADI (Oryza sativa) DI DAERAH PESISIR)
13640012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KEANEKARAGAMAN SPESIES DAN HOMOLOGI GEN nifH PADA BAKTERI PEMFIKSASI NITROGEN YANG BERASAL DARI PERAKARAN PADI (Oryza sativa) DI DAERAH PESISIR)
13640012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Padi adalah makanan pokok mayoritas masyarakat Indonesia, secara tidak langsung berakibat pada peningkatan penggunaan pupuk, termasuk pupuk sintetis Nitrogen (N). Meskipun nitrogen sangat melimpah di atmosfir, namun nitrogen tidak dapat digunakan langsung oleh tanaman. Tanaman dapat memanfaatkan nitrogen di udara dengan bantuan bakteri tanah melalui proses fiksasi alami nitrogen, sehingga kebutuhan nitrogen dapat tercukupi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui genus bakteri yang memiliki gen nifH dan homologi gen nifH pada bakteri pemfiksasi nitrogen yang berasal dari rhizosfer tanaman padi di daerah pesisir. Tahap pertama adalah dicari bakteri tanah dari berbagai sumber dengan kriteria bakteri rhizosfer tanaman padi di wilayah bersalinitas tinggi, kemudian dikumpulkan data sekuens gen nifH dari situs www.ncbi.nlm.nih.gov lalu disimpan dalam format FASTA. Sekuens-sekuens tersebut dialignment dan dilakukan pendekatan antar spesies berdasarkan phylogenetic tree dengan software Mega-X. Setelah itu dilakukan in silico menggunakan primer yang merujuk penelitian Bürgmann et al, (2003) dengan primer forward nifH-g1-forB dan primer reverse nifH-g1-rev. Berdasarkan phylogenetik tree, terlihat bahwa Acinetobacter sp. dan Paenibacillus durus memiliki homologi yang tinggi dengan A. chroococcum. Acinetobacter sp. dan Paenibacillus durus kemudian di in silico PCR di alamat web http://insilico.ehu.es/PCR/. Namun dari proses tersebut tidak ada band yang teramplifikasi. Genus bakteri yang diketahui memiliki sekuens gen nifH bakteri anggota genus Bacillus, Pseudomonas, Methylobacterium, Paenibacillus, Brevibacterium, Enterobacter, Staphylococcus, Streptomyces, Rhizobium, Pantoea, Bradyrhizobium, Azotobacter, Acinetobacter, dan Aeromonas. Sekuens gen nifH yang dimiliki oleh spesies-spesies dari rhizosfer perakaran padi di pesisir pantai menunjukkan berbagai tingkat homologi gen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Jumailatus Solihah, M.Biotech
Uncontrolled Keywords: bakteri rhizosfer, nifH, fiksasi nitrogen, salinitas, bioinformatika
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 07 Sep 2021 08:17
Last Modified: 07 Sep 2021 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43921

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum