Strategi Pembelajaran Qur'an-Hadits Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Babadan Baru Sleman

Ahmad Ulinnuha, NIM.99474285 (2006) Strategi Pembelajaran Qur'an-Hadits Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Babadan Baru Sleman. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Strategi Pembelajaran Qur'an-Hadits Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Babadan Baru Sleman)
99474285_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Strategi Pembelajaran Qur'an-Hadits Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Babadan Baru Sleman)
99474285_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Strategi Pembelajaran Qur'an-Hadits di MTsN Babadan Baru Sleman Yogyakarta, Fakultas Tarbiyah UlN Surran Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang penerapan strategi pembelajaran Qur'an-Hadits serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Qur'an-Hadits di MTsN Babadan Baru Sleman serta solusi terhadap faktor penghambat tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan mengambil latar MTsN Babadan Barn Sleman, yang dalam hal ini meneliti tentang bagaimana penerapan strategi pembelajaran Qur'an-Hadits, faktor pendukung dan pengbambat pembelajaran serta solusinya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, angket siswa, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode deskriptif analitik yaitu dari basil penelitian kemudian disajikan secara kualitatif dan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan cara berfikir induktif dan deduktif. Dari basil penelitian dapat disimpulkan: 1) Pendekatan Pembelajaran yang dipakai meliputi pendekatan individual, kelompok, klasikal, dan rasional dengan metode yang digunakan mencakup metode ceramah, tanya jawab, latiban, diskusi, dan penugasan serta pelaksanaan ·evaluasi meliputi evaluasi proses, evaluasi barian, dan evaluasi umum. 2) Faktor pendukung pembelajaran Qur'an-Hadits yaitu jumlah pendidik, motivasi siswa, dan media pembelajaran. Adapun faktor pengbambatnya antara lain latar belakang siswa, tingkat inteligensi siswa, sikap siswa, metode pembelajaran, dan lingkungan sosial siswa. Sedangkan usaha untuk mengatasi faktor penghambat tersebut adalah mengadakan kegiatan penunjang pembelajaran Qur'an-Hadits, pemilihan variasi metode, mengadakan hubungan dengan orang tua murid dalam rangka memperhatikan belajar anak-anak mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs.H. Suismanto,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Qur'an-Hadits, Madrasah Tsanawiyah Negeri, Babadan Baru Sleman
Subjects: Qur'an Hadis
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Sep 2021 15:51
Last Modified: 09 Sep 2021 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43929

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum