DAMPAK KEHARMONISAN FUNGSI SOSIAL KELUARGA TERHADAP KENAKALAN REMAJA DI DUSUN GAYAM ARGOMULYO CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA

MUHAMMAD ABDUL GHANI, NIM: 13540037 (2021) DAMPAK KEHARMONISAN FUNGSI SOSIAL KELUARGA TERHADAP KENAKALAN REMAJA DI DUSUN GAYAM ARGOMULYO CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, FAKULTAS USHULUDDIN.

[img]
Preview
Text (DAMPAK KEHARMONISAN FUNGSI SOSIAL KELUARGA TERHADAP KENAKALAN REMAJA DI DUSUN GAYAM ARGOMULYO CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA)
13540037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK KEHARMONISAN FUNGSI SOSIAL KELUARGA TERHADAP KENAKALAN REMAJA DI DUSUN GAYAM ARGOMULYO CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA)
13540037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB)

Abstract

Kenakalan remaja menjadi problem tersendiri di berbagai kalangan. Banyak upaya yang dilakukan untuk menanggulangi dan cara pencegahannya. Akan tetapi, remaja yang tumbuh di berbagai zaman yang berbeda tentu mempunyai cara tersendiri gaya-gaya kenakalannya. Begitu pun, solusi dan cara pencegahannya juga berbeda. Termasuk pada studi kasus yang terjadi di Dusun Gayam Argomulyo Cangkringan, Sleman Yogyakarta. Tingkat kenakalan remaja di dusun tersebut merupakan bentuk ekspresi dari mereka yang ingin tahu banyak hal. Hanya saja, para orang tua memiliki cara tersendiri untuk mengimbangi dan mencegah kenakalan yang dilakukan oleh anak-anaknya. Batasan penelitian ini kepada remaja di Dusun Gayam, Desa Argomulyo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dalam penelitian teori yang digunakan ialah keberfungsian sosial keluarga. Metodologi yang digunakan ialah deskriptif-kualitatif, dengan pengambilan data melalui metode wawancara dan dokumentasi. Mengenai hasil akhir dari penelitian ini, ada dua point, antara lain: Pertama, bentuk kenakalan yang dilakukan oleh remaja di Dusun Gayam Argomulyo Cangkringan Sleman Yogyakarta, masih terbilang tidak terlalu parah. Artinya, perbuatan mereka mereka masih berada pada batasan-batasan dan pengawasan orang tua. Adapun bentuk kenakalan yang dilakukan ialah, seperti minum-minuman keras, bolos sekolah, tawuran. Kedua, peran orang tua dalam menangangi kenakalan remaja dengan melakukan suatu tindakan yang cepat, seperti menasehati, melakukan sholat dan bentuk lain-lainnya. Cara orang tua dalam menangani persoalan kenakalan anak-anaknya di Dusun Gayam Argomulyo Cangkringan Sleman Yogyakarta, dengan memberikan nasehat secara halus. Tidak melakukan upaya tindak kekerasan yang akan berdampak pada pola pertumbuhan dan perkembangannya. Bagi anak yang melanggar diberikan nasehat, kemudian aturan agar anak tidak mengulangi perbuatan-perbuatan serupa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Rr. Siti Kurnia Widiastuti S.Ag., M.Pd. M.A.
Uncontrolled Keywords: Dusun Argomulyo, Kenakalan Remaja, dan Keberfungsian Keluarga.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 07 Sep 2021 10:40
Last Modified: 07 Sep 2021 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43934

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum