ANALISIS KEPUASAN LAYANAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARI’AH (KSPPS) BINA WARGA SEJAHTERA YOGYAKARTA

Resni Waroka, NIM.: 13660022 (2020) ANALISIS KEPUASAN LAYANAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARI’AH (KSPPS) BINA WARGA SEJAHTERA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEPUASAN LAYANAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARI’AH (KSPPS) BINA WARGA SEJAHTERA YOGYAKARTA)
13660022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEPUASAN LAYANAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARI’AH (KSPPS) BINA WARGA SEJAHTERA YOGYAKARTA)
13660022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Semakin ketatnya persaingan antar usaha baik pada industri maufaktur ataupun jasa menuntut para pelaku usaha untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitasnya. Kulitas yang baik dapat meingkatkan kepuasan konsumen dan memicu loyalitas. Selain itu, apabila suatu produk atau pelayanan memiliki kualitas yang buruk, ada kemungkinan konsumen akan menyampaikan ketidakpuasannya kepada orang lain atau calon konsumen pada suatu perusahaan. Salah satu bidang jasa yang tak lepas dari dampak tersebut adalah koperasi, termasuk Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari’ah (KSPPS) Bina Warga Sejahtera yang terletak di D.I. Yogyakarta. KSPPS Bina Warga Sejahtera telah bediri sejak tahun 2013, dan telah memiliki konsumen atau anggota koperasi sebanyak 1.207 orang pada tahun 2019. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai gap, prioritas perbaikan dan tingkat kepuasan konsumen pada KSPPS Bina Warga Sejahtera. Berdasarkan perhitungan servqual dengan menggunakan 5 dimensi kualitas yaitu reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangible diketahui nilai gap tertinggi terdapat pada dimensi reliability dengan nilai gap sebesar -1,147 yaitu pada atribut ke dua. Kemudian pada perhitungan menggunakan IPA-Martix didapatkan 6 atribut yang masuk pada kuadran I atau merupakan prioritas perbaikan. Selanjutnya dengan perhitungan Customer Satisfaction Index didapatkan index dari kepuasan layanan yang diberikan sebesar 79,61%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Trio Yonathan Teja Kusuma, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Servqual, IPA, CSI, Kualitas Layanan
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 07 Sep 2021 13:38
Last Modified: 07 Sep 2021 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43944

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum