MOTIVASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE: KARTUN NUSSA & RARA DI KALANGAN IBU MILENIAL SEBAGAI MEDIA PARENTING MASA KINI

Lailatul Maghfiroh, NIM: 18200010249 (2021) MOTIVASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE: KARTUN NUSSA & RARA DI KALANGAN IBU MILENIAL SEBAGAI MEDIA PARENTING MASA KINI. Masters thesis, PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE: KARTUN NUSSA & RARA DI KALANGAN IBU MILENIAL SEBAGAI MEDIA PARENTING MASA KINI)
18200010240_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE: KARTUN NUSSA & RARA DI KALANGAN IBU MILENIAL SEBAGAI MEDIA PARENTING MASA KINI)
18200010240_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

YouTube merupakan salah satu new media berupa video yang paling banyak diminati masyarakat dewasa ini. Video mempunyai potensi sebagai penyampai pesan informasi yang baik. Salah satunya adalah sebagai penyampai pesan mengenai parenting. Dalam konteks pola asuh, YouTube dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media parenting khususnya pada chanel Nussa Official. Kartun Nussa dan Rara merupakan animasi karya anak bangsa yang menyajikan tokoh anak kecil yang dikemas dengan menarik dan serat akan nilai-nilai pendidikan yang diajarkan orang tua terhadap anaknya. Hal ini disinyalir dapat memberikan motivasi dan dampak baik terhadap pola asuh ibu-ibu milenial zaman sekarang. Dalam kajian ini penulis ingin menganalisis lebih dalam nilai-nilai parenting yang terdapat dalam kartun Nussa dan mengetahui motif ibu milenial dalam menggunakan media sosial YouTube (kartun Nussa dan Rara) sebagai media parenting. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer, yaitu hasil wawancara dengan kelima informan, dan sumber data sekunder yaitu berypa video kartun Nussa dan Rara berjumlah 24 episode yang dipilih secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara tidak struktur dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teori Miles dan Huberman dengan tahapan data collection, data reduction, data display dan conclution. Hasil riset menunjukkan bahwa dalam film kartun Nussa dan Rara mengandung beberapa nilai parenting yaitu: nilai akidah yang meliputi mengenalkan iman kepada Allah dan mengenalkan qadha dan qadar, nilai syari’ah yang meliputi nilai ibadah dan nilai muamalah, nilai akhlak yang terdiri dari akhlak kepada Allah, akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada sesama dan akhlak kepada lingkungan, yang terakhir adalah nilai budaya. Sedangkan motif ibu-ibu milenal dalam menggunakan YouTube sebagai media parenting yaitu motif mencari informasi, motif identitas pribadi, motif hiburan, dan motif pendampingan. Adapun penggunaan media sosial YouTube chanel Nussa Official memberikan dampak positif bagi ibu-ibu milenial dalam membimbing anak-anaknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ro’fah, M.A, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Media sosial, YouTube, Kartun Nussa dan Rara, Parenting
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 07 Sep 2021 21:21
Last Modified: 07 Sep 2021 21:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43990

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum