ANALISIS PENENTUAN RUTE OPTIMAL PENGANGKUTAN SAMPAH DENGAN ALGORITMA SWEEP, NEAREST NEIGHBOUR DAN SEQUENTIAL INSERTION PADA KOTA YOGYAKARTA (Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta)

Kukuh Pradipto, NIM.: 15660009 (2020) ANALISIS PENENTUAN RUTE OPTIMAL PENGANGKUTAN SAMPAH DENGAN ALGORITMA SWEEP, NEAREST NEIGHBOUR DAN SEQUENTIAL INSERTION PADA KOTA YOGYAKARTA (Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENENTUAN RUTE OPTIMAL PENGANGKUTAN SAMPAH DENGAN ALGORITMA SWEEP, NEAREST NEIGHBOUR DAN SEQUENTIAL INSERTION PADA KOTA YOGYAKARTA (Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta))
15660009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENENTUAN RUTE OPTIMAL PENGANGKUTAN SAMPAH DENGAN ALGORITMA SWEEP, NEAREST NEIGHBOUR DAN SEQUENTIAL INSERTION PADA KOTA YOGYAKARTA (Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta))
15660009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta merupakan pihak yang bertanggung jawab dan mengatur pengangkutan sampah dari TPS (Tempat Pembuangan Sementara) ke TPA (Tempat Pembuangan Ahir) dengan menggunakan truk dengan kapasitas 6 m3. Waktu pembuangan sampah yang dilakukan di TPA dapat dilakukan 24 jam, akan tetapi pihak dari TPA menganti waktu tersebut menjadi 10 jam yaitu dimulai dari pada pukul 06.00 sampai dengan 16.00 WIB. Pergantian waktu pembuangan sampah tersebut mengharuskan pihak Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta membuat rute yang lebih optimal. Permasalahan yang dialami Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta tergolong dalam VRP (Vehicle Routing Problem) yang merupakan metode yang digunakan untuk mencari rute yang lebih optimal dengan batasan kapasitas dan kendaraan, oleh karena itu dilakukan penelitian dengan menggunakan Metode Algoritma Sweep, Nearest Neighbour, dan Sequential Insertion dengan tujuan dapat diperoleh nilai waktu dan jarak yang lebih optimal. Bedasarkan perhitungan yang telah dilakukan didapatkan yaitu metode nearest neighbour membentuk 8 rute yang mempunyai total jarak 733.52 Km dengan membutuhkan waktu 1950.58 menit dan metode sequential insertion membentuk 8 rute yang mempunyai total jarak 732.36 Km dengan membutuhkan waktu 1968.54 menit. Selisih dari hasil yang didapat dari perhitungan dengan perhitungan tersebut yaitu jarak 1.16 Km dan waktu 18.4 menit. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perhitungan pembentukan rute menggunakan metode sequential insertion lebih efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Arya Wirabhuana S.T M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pengangkutan sampah, VRP (Vehicle Routing Problem), Algoritma Sweep, Nearest Neighbour, dan Sequential Insertion
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 08 Sep 2021 09:34
Last Modified: 08 Sep 2021 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44006

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum