PENGARUH INTERNALISASI BUDAYA ZIARAH KUBUR TERHADAP KESALEHAN SANTRI DI PERGURUAN ISLAM PONDOK TREMAS PACITAN JAWA TIMUR

ASY’AD SYAMSUL ARIFIN, NIM. 14540032 (2020) PENGARUH INTERNALISASI BUDAYA ZIARAH KUBUR TERHADAP KESALEHAN SANTRI DI PERGURUAN ISLAM PONDOK TREMAS PACITAN JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INTERNALISASI BUDAYA ZIARAH KUBUR TERHADAP KESALEHAN SANTRI DI PERGURUAN ISLAM PONDOK TREMAS PACITAN JAWA TIMUR)
14540032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INTERNALISASI BUDAYA ZIARAH KUBUR TERHADAP KESALEHAN SANTRI DI PERGURUAN ISLAM PONDOK TREMAS PACITAN JAWA TIMUR)
14540032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sudah menjadi pemahaman masyarakat bahwa santri memiliki budaya ziarah kubur. Budaya ini dimotivasi oleh keyakinan keagamaan yang memberikan pengaruh terhadap praktik ziarah kubur. Akan tetapi, di Perguruan Islam Pondok Tremas budaya ziarah kubur memberikan pengaruh terhadap kesalehan santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya ziarah kubur berpengaruh terhadap kesalehan sosial santri di Perguruan Islam Pondok Tremas dan proses internalisasi budaya ziarah kubur yang terjadi pada santri di Perguruan Islam Pondok Tremas. Untuk melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan teori konstruksi sosial oleh Peter Berger yang membahas seputar proses internalisasi konstruksi sosial, ekternalisasi dan objektifikasinya. Teori ini akan digunakan untuk melihat bagaimana proses eksternalisasi ziarah kubur tersebut terjadi dan bagaimana pengaruhnya terhadap kesalehan santri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang tidak menggunakan perhitungan angka melainkan menggunakan data yang berupa kata-kata atau hasil dari sebuah wawancara untuk mendapatkan data yang objektif. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun sumber datanya berupa data primer dan data sekunder yang didapat melalui wawancara, kajian pustaka, dan observasi. Adapun hasil temuan pada perubahan kesalehan santri antara lain: objektifikasi dalam wujud kepedulian sesama santri yang dilatar belakangi oleh budaya ziarah kubur. Selain itu objektifikasi juga muncul dalam wujud keterbiasaan santri dalam memimpin ziarah dan tahlil di lingkungan asalnya. Dan disamping itu objektifikasi juga mempengaruhi pergaulan sesama santri. Sementara itu, selain ziarah kubur yang memberi pengaruh terhadap kesalehan santri, penelitian ini juga menemukan bahwasanya budaya ziarah kubur pada proses internalisasinya kepada santri, meluas melalui proses konstruksi-konstruksi sosial. Konstruksi-konstruksi sosial ini antara lain; konstruksi identitas kesantrian, konstruksi ‘kerasan’(betah), dan konstruksi berkah. Konstruksi-konstruksi yang didatangkan dari struktur sosial tersebut menjembatani proses internalisasi ziarah kubur terhadap santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Adib Sofia, S.S,. M.Hum
Uncontrolled Keywords: ziarah kubur, budaya, santri, konstruksi, pondok pesantren
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Sep 2021 10:00
Last Modified: 08 Sep 2021 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44009

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum