‘IBRAH KISAH NABI MUSA AS DAN RELEVANSINYA DALAM KONTEKS INDONESIA (Penafsiran QS. Al-Qashash [28]: 15-28 dalam Tafsir Al-Misbah, Tafsir Al-Azhar dan Tafsir al-Sya’rawi)

ABDUL LATHIF, NIM: 15530032 (2020) ‘IBRAH KISAH NABI MUSA AS DAN RELEVANSINYA DALAM KONTEKS INDONESIA (Penafsiran QS. Al-Qashash [28]: 15-28 dalam Tafsir Al-Misbah, Tafsir Al-Azhar dan Tafsir al-Sya’rawi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (‘IBRAH KISAH NABI MUSA AS DAN RELEVANSINYA DALAM KONTEKS INDONESIA (Penafsiran QS. Al-Qashash [28]: 15-28 dalam Tafsir Al-Misbah, Tafsir Al-Azhar dan Tafsir al-Sya’rawi))
15530032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (‘IBRAH KISAH NABI MUSA AS DAN RELEVANSINYA DALAM KONTEKS INDONESIA (Penafsiran QS. Al-Qashash [28]: 15-28 dalam Tafsir Al-Misbah, Tafsir Al-Azhar dan Tafsir al-Sya’rawi))
15530032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kisah Musa dalam al-Qur’an memiliki banyak kandungan atau ‘ibrah yang dapat dijadikan pedoman berharga bagi para pembaca. Karena adanya kisah di dalam al-Qur’an pasti memiliki tujuan tertentu dan ada ‘ibrah di balik kisah-kisah yang diceritakan di dalam al-Qur’an. Penulis merasa tertarik untuk menulis kisah Musa tersebut, dengan sumber primer kitab tafsir yang bercorak adab al-Ijtima’i, yakni Tafsir al-Misbah, Tafsir al-Azhar dan Tafsir Sya’rawi. Oleh karena itu untuk dapat mengungkapkan ‘ibrah yang terkandung dan struktur naratif pada kisah Musa dalam QS. al-Qashash (28): 15-28 digunakan sumber primer kitab tafsir dan teori struktur naratologi kisah musa. Melalui sumber ini penulis bermaksud untuk menjawab sejumlah permasalahan, yaitu; 1) Struktur kisah Nabi Musa dalam QS. al-Qashash (28): 15-28, 2) ‘Ibrah kisah Nabi Musa dalam QS. al-Qashash (28): 15-28, dan 3) Relevansi ‘ibrah ke dalam konteks Indonesia. Teori strukturalisme yang digunakan dalam menganalisis struktur kisah Musa adalah model teori Tzvetan Todorov yang bertujuan untuk menganalisis teks dalam suatu karya sastra atau kisah, dengan memusatkan perhatian bukan pada sejarah teks atau pengarang teks melainkan pada dunia kisah yang ada pada teks dengan cara mengikuti peristiwa, tokoh, latar/setting, dan alur cerita. Dengan menggunakan langkah tersebut dapat dihasilkan: 1) Struktur naratif kisah Musa dalam QS. al-Qashash (28): 15-28 dibangun dengan alur yang masuk akal atau logis dan memiliki fungsi etis. Ini membawa visi spritual-eskatologis bagi umat manusia. Penulis membagi dua episode di dalam ayat tersebut, yaitu: 1.1) QS. al-Qashash (28): 15-20 berkisah pembunuhan yang dilakukan oleh Musa, dan 1.2) QS. al-Qashash (28): 21-28 berkisah pelarian Musa ke Kota Madyan. 2) ‘Ibrah kisah Musa dalam QS. al-Qashash (28): 15-28 dibagi menjadi dua bagian, yaitu: 2.1) ‘Ibrah terkait keutuhan ayat, yang di dalamnya terdapat dua ‘ibrah adalah berintropeksi diri (muhasabah) dan tawakal. 2.2) ‘Ibrah terkait terkait penggalan ayat, yang di dalamnya terdapat 4 ‘ibrah adalah wanita karir (perempuan boleh bekerja diluar rumah), pemberian mahar berupa tenaga atau jasa, perempuan meminang laki-laki dan anjuran memuliakan perempuan. 3) Relevansi ‘ibrah tersebut ke dalam konteks Indonesia, baik wanita karir, pemeberian mahar berupa tenaga atau jasa, perempuan meminang laki-laki dan anjuran memuliakan perempuan. Semua itu masuk dalam konteks budaya atau tradisi di Indonesia, tidak ada pertentangan dan budaya tersebut sudah menjadi tradisi atau adat yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. ALI IMRON, S.Th.I., M.S.I
Uncontrolled Keywords: Naratologi,‘ibrah Musa, Indonesia
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Sep 2021 11:09
Last Modified: 08 Sep 2021 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44028

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum