POTRET AGAMA LIVING DALAM PUISI CINTAMU SEPAHIT TOPI MIRING KARYA SINDHUNATA

EKA PONIATI, NIM 15540027 (2020) POTRET AGAMA LIVING DALAM PUISI CINTAMU SEPAHIT TOPI MIRING KARYA SINDHUNATA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POTRET AGAMA LIVING DALAM PUISI CINTAMU SEPAHIT TOPI MIRING KARYA SINDHUNATA)
15540027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (POTRET AGAMA LIVING DALAM PUISI CINTAMU SEPAHIT TOPI MIRING KARYA SINDHUNATA)
15540027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Agama merupakan produk dari masyarakat yang di dalamnya terdapat adat dan budaya. Ketiga hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, karena ketiganya saling berkaitan dan juga saling mempengaruhi satu sama lain. Dalam sebuah Puisi cintamu sepahit Topi Miring karya Shindunata, terdapat masalah kehidupan masyarakat yang dialami oleh Ranto Ghudel. Puisi tersebut isinya membahas tentang cinta, kehidupan, budaya, agama dan masyarakat sosiokultural. Sindhunata menulis tokoh Ranto Ghudel yang digambarkan sebagai manusia penggemar minuman keras hingga akhir hayatnya. Meski demikian, Ranto Ghudel juga menjumpai banyak sekali masalah dan keunikan dalam proses perjalanan hidupnya. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap puisi ini. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka, data diperoleh dari sumber primer dan sekunder. Selain menggunakan teknik wawancara peneliti juga mengambil data dari buku, internet, dan jurnal. Data yang diperoleh dari sumber pustaka dikaji melalui dua tahap yaitu tahap reduksi data dan verifikasi data. data dianalisis dengan pendekatan historis sosiologis dengan menggunakan teori konstruksi sosial Pater L Berger dan Thomas Luckman. Hasil penelitian ini yaitu, masyarakat harus berpandangan luas terhadap struktur dan beragama dalam kehidupan sosial. Sebagaimana kenyataan obyektif mempengaruhi kembali manusia melalui proses internalisasi yang mencerminkan kenyataan subjektif masyarakat sebagai produk manusia dan manusia sebagai produk masyarakat, objektivikasi yang tercermin adalah disandangnya produk-produk aktivitas itu dalam interaksi sosial dengan intersubjektif yang dilembagakan atau mengalami proses dan internalisasi adalah peresapan kembali realitas-realitas manusia dan mentransformasikannya dari struktur dunia objektif ke dalam struktur kesadaran dunia subjektif. Yang pertama manusia mampu menempatkan dirinya dimasyarakat untuk lebih terbuka, kedua dengan melihat kualitas diri dengan membedakan realita individu dan realita masyarakat, ketiga peresapan kembali sebagai individu objektif menjadi individu subjektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Munawar Ahmad, S.S M.Si.
Uncontrolled Keywords: Masyarakat, dan Konstruksi Sosial
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Sep 2021 11:28
Last Modified: 08 Sep 2021 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44033

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum