Pengaruh Variasi Dosis Dan Lama Perendaman Kokon Dalam Insektisida Furadan 3G Terhadap Daya Tetas Kokon Cacing Tanah (Lumbricus Rubellus) Sebagai Alternatif Sumber Belajar Biologi Di Madrasah Aliyah

Karmila, NIM.99454451 (2005) Pengaruh Variasi Dosis Dan Lama Perendaman Kokon Dalam Insektisida Furadan 3G Terhadap Daya Tetas Kokon Cacing Tanah (Lumbricus Rubellus) Sebagai Alternatif Sumber Belajar Biologi Di Madrasah Aliyah. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Variasi Dosis Dan Lama Perendaman Kokon Dalam Insektisida Furadan 3G Terhadap Daya Tetas Kokon Cacing Tanah (Lumbricus Rubellus) Sebagai Alternatif Sumber Belajar Biologi Di Madrasah Aliyah)
99454451_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Pengaruh Variasi Dosis Dan Lama Perendaman Kokon Dalam Insektisida Furadan 3G Terhadap Daya Tetas Kokon Cacing Tanah (Lumbricus Rubellus) Sebagai Alternatif Sumber Belajar Biologi Di Madrasah Aliyah)
99454451_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi dosis dan lama perendaman kokon dalam insektisida Furadan 3G terhadap daya tetas kokon cacing tanah ( Lumbricus rubellus), serta mengetahui potensi-potensi dari proses dan produk penelitian ini yang dapat dijadikan sebagai alternatif sumber belajar biologi di Madrasah Aliyah. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 24 F ebruari sampai tanggal 6 Mei 2005, penelitian, diawali dengan uji pendahuluan yang bertujuan untuk menentukan ambang bawah dan ambang atas dosis insektisida Furadan 3G yang akan digunakan untuk uji day a tetas kokon cacing tan ah (Lumbricus rubellus ). Berdasarkan uji pendahuluan selama 30 hari maka dapat ditentukan dosis insektisida Furadan 3G untuk perlakuan sebagai berikut: O ppm, 0,0781 ppm, 0,1562 ppm, 0,3125 ppm, 0,625 ppm , 1,25 ppm, 2,5 ppm dan 5 ppm sebagai kontrol, dan lama perendaman 5 menit, 10 menit dan 15 menit, dimana setiap perlakuan diulang tiga kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dosis insektisida Furadan 3G 0,0781 ppm, 0,1562 ppm, 0,3125 ppm, 0,625 ppm, 1,25 ppm dan 2,5 ppm dengan lama perendaman kokon dalam insektisida Furadan 3G: 5,10 dan 15 menit tidak berpengaruh secara nyata terhadap daya tetas kokon cacing tanah ( Lumbricus rubellus), sedangkan pada dosis 5 ppm dan lama perendaman yang digunakan dalam penelitian ini berpengaruh secara nyata terhadap daya tetas kokon cacing tanah ( Lumbricus rubellus). Hasil penelitian ini berupa proses dan produk yang dapat digunakan sebagai altematif sumber belajar Biologi untuk siswa Madrasah Aliyah kelas X semester II, pada pokok bahasan ekosistem, sub pokok bahasan perubahan lingkungan, etika lingkungan dan pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Satino,M.Si
Uncontrolled Keywords: Insektisida Furadan 3G, Daya Tetas Kokon Cacing Tanah, (Lumbricus Sumber Belajar Biologi, Madrasah Aliyah
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Sep 2021 14:44
Last Modified: 14 Sep 2021 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44049

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum