DAMPAK PERKEMBANGAN WISATA AIR TERJUN SRI GETHUK TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI DUSUN MENGGORAN II, DESA BLEBERAN, PLAYEN, GUNUNGKIDUL

Reni Tri Hastuti, NIM.: 15720043 (2020) DAMPAK PERKEMBANGAN WISATA AIR TERJUN SRI GETHUK TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI DUSUN MENGGORAN II, DESA BLEBERAN, PLAYEN, GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PERKEMBANGAN WISATA AIR TERJUN SRI GETHUK TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI DUSUN MENGGORAN II, DESA BLEBERAN, PLAYEN, GUNUNGKIDUL)
15720043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PERKEMBANGAN WISATA AIR TERJUN SRI GETHUK TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI DUSUN MENGGORAN II, DESA BLEBERAN, PLAYEN, GUNUNGKIDUL)
15720043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pariwisata sebagai sektor yang cukup menjanjikan memiliki potensi dalam mengembangkan dan menyejahterakan kehidupan masyarakat. Akan tetapi, pariwisata juga ketika dihadapkan pada kondisi saat ini, dimana wabah merebak menjadi salah satu yang terpukul dan memaksanya untuk menutup diri. Sehingga hasil perolehan dari sektor ini nyaris nihil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak perubahan sosial ekonomi dikarenakan objek wisata Air Terjun Sri Gethuk. Selanjutnya peneliti juga bertujuan melihat bagaimana Covid-19 berdampak pada kondisi sosial ekonomi mereka berhubungan dengan objek wisata. Teori yang digunakan adalah teori perubahan sosial ekonomi yang di dalamnya mencakup bagaimana perubahan ini terjadi termasuk sumber-sumber dan bentuk perubahan, hingga dampak-dampak perubahan ini, baik dampak langsung dan dampak tidak langsung. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Sedangkan tenik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi di lingkungan objek wisata Air Terjun Sri Gethuk. Wawancara dilakukan kepada sebelas (11) informan meliputi kepala dusun dan kepala dukuh, serta penduduk yang terlibat dalam pengelolaan objek wisata ini, dan dokumentasi mengenai objek wisata air terjun Sri Gethuk. Teknik analisis yang digunakan mengacu pada model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data pada data yang dipandang menyimpang dari fokus penelitian, penyajian data berupa teks naratif deskriptif, dan verifikasi untuk kemudian disimpulkan dari hasil pemaparan data atau temuan yang telah dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengembangan objek wisata Air Terjun Sri Gethuk yang dimulai sejak tahun 2010, memberikan dampak bagi perubahan sosial-ekonomi masyarakat di Desa Bleberan, khususnya mereka yang tinggal di Menggoran II tempat objek wisata itu berada. Sumber-sumber perubahan ini meliputi potensi alam, ide, tradisi, dan kondisi ekonomi warga. Selain itu perubahan dirasakan warga cenderung ke arah positif, adanya local empowerment, pengembangan sumber daya manusia, dan pergeseran secara positif ekonomi warga sebagai bentuk perubahan sosioekonomi. Dampak pengembangan objek wisata ini selama pandemi Covid-19 sendiri bagi penghasilan warga yang mengelola Sri Gethuk secara umum sementara hilang mata pencaharian dari objek wisata dan mendorong mereka mencari alternatif perolehan lain dan mulai secara penuh menggeluti lagi sektor pertanian. Pandemi juga berdampak secara tidak langsung kepada penguatan solidaritas sosial mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muryanti, MA.
Uncontrolled Keywords: Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS); Perubahan Sosial Ekonomi; pandemi
Subjects: Pariwisata
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 09 Sep 2021 08:48
Last Modified: 09 Sep 2021 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44074

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum