ORIENTASI KEAGAMAAN MASYARAKAT KRISTEN DALAM BERPARTISIPASI PADA ACARA KAJIAN RUTIN UMAT MUSLIM DI DESA PRINGOMBO TEMPURAN MAGELANG

Tisna Pangestu, NIM.: 16520023 (2020) ORIENTASI KEAGAMAAN MASYARAKAT KRISTEN DALAM BERPARTISIPASI PADA ACARA KAJIAN RUTIN UMAT MUSLIM DI DESA PRINGOMBO TEMPURAN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ORIENTASI KEAGAMAAN MASYARAKAT KRISTEN DALAM BERPARTISIPASI PADA ACARA KAJIAN RUTIN UMAT MUSLIM DI DESA PRINGOMBO TEMPURAN MAGELANG)
16520023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ORIENTASI KEAGAMAAN MASYARAKAT KRISTEN DALAM BERPARTISIPASI PADA ACARA KAJIAN RUTIN UMAT MUSLIM DI DESA PRINGOMBO TEMPURAN MAGELANG)
16520023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman agama seseorang akan mempengaruhi orientasi, sikap, dan perilaku seseorang, Demikian juga dengan motivasi dari masyarakat Kristen dalam berpartisipasi pada acara kajian rutin masyarakat muslim Desa Pringombo. Orientasi keagamaan seseorang dibagi menjadi dua yaitu intrinsik “patuh pada ajaran agama” dan ekstrinsik “memanfaatkan agama untuk kepentingan tertentu”. Untuk sikap seseorang dapat inklusif dan eksklusif, lalu kemudian mempengaruhi pada perilaku seseorang terhadap aspek ibadah, aspek perilaku sosial, serta cara berpenampilan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk memahami orientasi, sikap, dan perilaku keberagamaan dari masyarakat Kristen dalam berpartisipasi pada acara kajian rutin masyarakat muslim Desa Pringombo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau (field research). Dengan mengambil data melalui observasi partisipasi dengan ikut serta dalam keseharian atau kegiatan-kegiatan dari masyarakat Kristen Desa Pringombo. dan melakukan mengelompokan wawancara kedalam empat elemen masyarakat yaitu masyarakat Kristen yang berpartisipasi, tokoh agama, perangkat Desa, serta masyarakat muslim Desa Pringombo. dan dokumentasi untuk data tambahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi agama dengan teori dari Raymond F. Palouzian, dan untuk pengolahan datanya menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Gambaran toleransi antara masyarakat Kristen dan masyarakat muslim Desa Pringombo, berjalan dengan sangat baik, dan tidak pernah ada dinamika atau konflik keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat masyarakat, karena muslim dan Kristen sudah memahami satu sama lain tentang makna dari nilai-nilai toleransi beragama. melalui prinsip-prinsip yang dijunjung tinggi prinsip kebebasan beragama, prinsip saling menerima, prinsip saling menghargai, prinsip saling kerjasama atau (gotong-royong), dan prinsip kesabaran menjaga kerukunan beragama. 2) Masyarakat Kristen Desa Pringombo yang ikut berpartisipasi dalam acara keagamaan masyarakat muslim, memiliki kebergamaan yang intrinsik itu karena masyarakat Kristen menjadikan agama sebagai hal yang utama dalam kehidupannya, dan hal terebut melahirkan sikap empati yang tinggi, hal tersebut ditunjukan dengan perasaan senang ketika masyarakat Kristen ikut berpartisipasi atau ikut menghadiri dalam acara keagamaan dari masyarakat muslim. sedangkan dari aspek perilaku, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat menjadi peranan penting dalam membetukan perilaku masyarakat Kristen, terutama membentuk perilaku sosial dan hal tersebut dibuktikan dengan sifat keikhlasan serta kesabaran dari masyarakat Kristen. 3) masyarakat muslim merasa senang dan sangat memberikan apresiasi yang tinggi ketika masyarakat Kristen ikut berpartisipasi atau menghadiri pada acara keagamaan masyarakat muslim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Sekar Ayu Aryani, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Orientasi keagmaan, Masyarakat Kristen, Berpartisipasi, Toleransi
Subjects: Agama Kristen (Christianity)
Islam dan Organisasi
Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 09 Sep 2021 10:33
Last Modified: 09 Sep 2021 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44084

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum