STUDI LITERATUR TENTANG PROSES METAKOGNITIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT

Rina Apriyani, NIM.: 16600035 (2020) STUDI LITERATUR TENTANG PROSES METAKOGNITIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI LITERATUR TENTANG PROSES METAKOGNITIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT)
16600035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STUDI LITERATUR TENTANG PROSES METAKOGNITIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT)
16600035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses metakognitif siswa SMP/sederajat dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent. Hal ini disebabkan karena pengkajian mengenai proses metakognitif siswa dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent hingga kini masih terbatas. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi literatur dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pada penelitian ini meliputi: 1) Pengumpulan data pustaka yang relevan dengan variabel dalam penelitian ini; 2) mengklasifikasikan data pustaka berdasarkan jenjang kelas dan materi pelajaran yang digunakan; 3) tahap analisis data, yaitu mengolah data yang diperoleh dari hasil klasifikasi data pustaka sehingga peneliti dapat menjawab rumusan masalah. Sumber data pustaka dalam penelitian ini berasal dari artikel publikasi, skripsi, jurnal, atau buku yang relevan dengan variabel pada penelitian ini. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah peneliti sebagai instrumen utama yang dibantu oleh wawancara dengan guru matematika tingkat SMP/sederajat. Analisis data dilakukan secara desktriptif analitik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada proses metakognitif siswa dalam pemecahan masalah matematika pada masing-masing tipe gaya kognitif. Siswa dengan tipe gaya kognitif field independent (FI) mampu menyadari proses metakognitifnya dengan baik saat planning, monitoring, dan evaluating pada langkah memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali karena mampu berpikir analitis dan mengungkapkan masalah dengan bahasa sendiri, mengetahui hubungan antar informasi sehingga menentukan strategi dengan tepat, melaksanakan perhitungan sesuai rencana dan memperoleh hasil yang tepat, serta melaksanakan perhitungan ulang sehingga mampu menuliskan kesimpulan akhir yang tepat. Siswa dengan tipe gaya kognitif field dependent (FD) mampu menyadari proses metakognitifnya dengan baik saat planning, monitoring, dan evaluating pada langkah memahami masalah. Cukup baik pada langkah merencanakan penyelesaian, dan kurang baik pada langkah melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali karena siswa mengungkapkan hasil identifikasi masalah cenderung sesuai dengan yang ada pada soal, kesulitan dalam mengetahui hubungan antar informasi sehingga kesulitan menentukan strategi yang tepat, terpaku dengan cara yang sudah pernah diakukan walaupun tidak sesuai dengan soal, melakukan pemeriksaan ulang hanya berdasarkan prasangka sehingga tidak mampu menuliskan kesimpulan akhir yang tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metakognitif, Pemecahan Masalah Matematika, Tipe Gaya Kognitif
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 09 Sep 2021 16:09
Last Modified: 09 Sep 2021 16:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44117

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum