ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA TUNAGRAHITA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR

Soliahtun, NIM.: 16600044 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA TUNAGRAHITA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA TUNAGRAHITA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR)
16600044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA TUNAGRAHITA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR)
16600044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan memecahkan suatu masalah matematika dalam pembelajaran, sebab pemecahan suatu masalah bukan hanya sebagai tujuan dari belajar melainkan juga sebagai proses bagaimana pembelajaran itu bermakna. Proses inilah yang dibutuhkan bagi siswa terlebih lagi bagi siswa tunagrahita sehingga tujuan belajar mereka dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tunagrahita di BLC Al-Irsyad Cilacap pada materi operasi hitung bilangan ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah 2 orang siswa tunagrahita kategori ringan yang duduk di kelas VIII tahun ajaran 2019/2020 di SMP 1 Al-Irsyad Cilacap yang juga mendapatkan bimbingan pendidikan di BLC Al-Irsyad Cilacap. Prosedur pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk mengetahui karakteristik serta kemampuan awal matematika siswa, lembar observasi yang dikonfirmasi melalui wawancara tentang kemandirian belajar siswa serta tes diagnostik yang disertai wawancara terkait kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi operasi hitung bilangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan 3 tahap analisis yaitu reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa tunagrahita ringan dengan kategori kemandirian belajar yang cukup juga memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika dengan kategori cukup dimana siswa dapat menguasai indikator kemampuan pemecahan masalah matematika pemecahan masalah yang pertama dan kedua yaitu memahami masalah dan menyusun rencana penyelesaian. 2) Siswa tunagrahita ringan dengan kategori kemandirian belajar yang kurang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika dengan kategori kurang dimana siswa hanya menguasai indikator kemampuan yang pertama yaitu memahami masalah 3) Terdapat faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tunagrahita yaitu faktor dari dalam berupa pengalaman, emosi, dan pengetahuan serta faktor dari luar yang dipengaruhi oleh lingkungan siswa. 4) Hubungan kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalah berbanding lurus. Semakin tinggi tingkat kemandirian belajar siswa tunagrahita tersebut, akan semakin baik pula kemampuan pemecahan masalah matematika yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Kemandirian Belajar, Siswa Tunagrahita
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 09 Sep 2021 16:24
Last Modified: 09 Sep 2021 16:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44120

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum