PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATERI TURUNAN KELAS XI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TUTOR SEBAYA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Erni Yuliana, NIM.: 16600051 (2020) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATERI TURUNAN KELAS XI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TUTOR SEBAYA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATERI TURUNAN KELAS XI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TUTOR SEBAYA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA)
16600051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATERI TURUNAN KELAS XI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TUTOR SEBAYA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA)
16600051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Subject Specific Pedagogy (SSP) materi turunan kelas XI menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan Tutor Sebaya untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Subject Specific Pedagogy (SSP) materi turunan kelas XI menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan Tutor Sebaya untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang disusun terdiri dari cuplikan silabus, RPP, LKS, media pembelajaran, dan instrumen penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terbatas pada tiga tahap yaitu analysis, design, dan development. Sumber data penelitian dalam SSP ini adalah validator ahli. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu dari lembar penilaian Subject Specific Pedagogy SSP materi turunan kelas XI menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan tutor sebaya untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tiga tahap pengembangan yaitu tahap analisis (analysis) yang meliputi analisis materi, analisis karakteristik siswa, dan analisis kebutuhan guru, kemudian tahap yang kedua yaitu desain (design) yang terdiri dari penyusunan peta kebutuhan SSP, penyusunan kerangka SSP, dan melengkapi unsur-unsur SSP. Tahap selanjutnya yaitu pengembangan (development) meliputi penulisan SSP, dan penyuntingan produk. Dari data penyuntingan produk awal yang dilakukan oleh tiga validator ahli, yakni dua dosen pendidikan matematika dan satu guru mata pelajaran matenatika diperoleh kualitas SSP sangat baik dengan rata-rata skor 142,33 dari skor maksimal 180. Berdasarkan hasil penilaian tersebut diperoleh bahwa produk Subject Specific Pedagogy (SSP) telah teruji valid. Sehingga diperoleh SSP yang valid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pengembangan, Subject Specific Pedagogy (SSP), Problem Based Learning (PBL)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 09 Sep 2021 16:36
Last Modified: 09 Sep 2021 16:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44122

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum