PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBASIS PMRI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN SPASIAL

Suparti, NIM.: 16600058 (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBASIS PMRI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN SPASIAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBASIS PMRI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN SPASIAL)
16600058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBASIS PMRI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN SPASIAL)
16600058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang valid berupa “Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Kubus dan Balok Kelas VIII menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Berbasis PMRI untuk Memfasilitasi Kemampuan Spasial”. Perangkat Pembelajaran yang dikembangkan meliputi petikan silabus, RPP, LKS, Media Pembelajaran, dan instrumen Penilaian. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan adaptasi dari model ADDIE (Analsyis, design, development, implementation, dan evaluation) yang dibatasi hingga tahap development karena kondisi lingkungan akibat pandemi Covid-19 sehingga tidak memungkinkan melaksanakan tahap implementations dan evaluation. Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Kubus dan Balok Kelas VIII menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Berbasis PMRI untuk Memfasilitasi Kemampuan Spasial ini dikembangkan melalui tiga tahap pengembangan yaitu analisis (analysis) yang meliputi analisis kurikulum, kebutuhan guru, dan karakteristik siswa, kemudian dilanjutkan dengan tahap perencanaan (design) yang terdiri dari penyusunan peta kebutuhan, penyusunan kerangka Perangkat Pembelajaran, dan penyusunan instrumen penelitian. Tahap berikutnya yaitu pengembangan (development) yaitu penulisan Perangkat Pembelajaran, penyuntingan produk awal Perangkat Pembelajaran berdasarkan kritik, saran, dan masukan dari validator, serta penilaian kualitas Perangkat Pembelajaran oleh validator. Hasil penilaian kualitas Perangkat Pembelajaran oleh validator ahli yaitu 2 dosen dan 2 guru matematika diperoleh rata-rata skor keseluruhan yaitu 178.25 dari skor maksimal sebesar 200 dan mendapat kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian tersebut diperoleh bahwa Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Kubus dan Balok Kelas VIII Menggunakan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Berbasis PMRI untuk Memfasilitasi Kemampuan Spasial telah teruji valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, kubus, balok, Missouri Mathematics Project (MMP), PMRI, kemampuan spasial
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 09 Sep 2021 16:41
Last Modified: 09 Sep 2021 16:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44123

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum