KETEGANGAN KOLEKTIF PADA PERILAKU BERIBADAH JEMAAH (STUDI KASUS JEMAAH MASJID NUR FARHAN PADUKUHAN PAPRINGAN, DESA CATUR TUNGGAL, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA)

M Hasan Abdilah, NIM.: 17105040027 (2021) KETEGANGAN KOLEKTIF PADA PERILAKU BERIBADAH JEMAAH (STUDI KASUS JEMAAH MASJID NUR FARHAN PADUKUHAN PAPRINGAN, DESA CATUR TUNGGAL, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KETEGANGAN KOLEKTIF PADA PERILAKU BERIBADAH JEMAAH (STUDI KASUS JEMAAH MASJID NUR FARHAN PADUKUHAN PAPRINGAN, DESA CATUR TUNGGAL, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA))
17105040027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KETEGANGAN KOLEKTIF PADA PERILAKU BERIBADAH JEMAAH (STUDI KASUS JEMAAH MASJID NUR FARHAN PADUKUHAN PAPRINGAN, DESA CATUR TUNGGAL, KECAMATAN DEPOK, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA))
17105040027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Ketegangan dalam beragama kerap terjadi pada realitas kehidupan sosial dimanapun manusia berada. Ketegangan beragama muncul disebabkan perbedaan mazhab pemikiran keagamaan yang kaku dan sentimen. Ketegangan jemaah Masjid Nur Farhan merupakan salah satu contoh yang cocok dan unik diteliti dengan melihat bagaimana proses dan praktik keagamaan justru menimbulkan ketegangan antarjemaah. Keberadaan beberapa kelompok keagamaan jemaah Masjid Nur Farhan menimbulkan persaingan antar kelompok yang bertujuan untuk mendakwahkan paham ajaran kelompoknya di masjid tersebut. Peneliti berusaha menggali informasi bagaimana pola ketegangan jemaah dalam menjalankan aktivitas ibadah dan mencari tahu sebab mengapa terjadiya ketegangan jemaah di Masjid Nur Farhan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi sehingga mendukung validitas dalam penelitian ini. Terdapat 10 subjek penelitian yang terdiri dari jemaah Masjid Nur Farhan. Untuk menganalisis fenomena keagamaan di Masjid Nur Farhan, peneliti menggunakan teori Collective Pride yang dipopulerkan oleh Gavin Brent Sullivan. Teori Collective Pride mengasumsikan bahwa kebanggaan kelompok berlatar belakang ras, etnis, politik, dan agama yang mempengaruhi pada proses berperilaku kelompok. Kebanggaan (Pride) merupakan emosi positif sebagai hasil personal individu terhadap tindakan kepemilikan, relasi, afiliasi, yang termaktub pada sebuah kelompok yang solid. Aspek kebanggaan kelompok muncul sebab kesamaan pandangan, perasaan, nasib dan karakteristik yang bisa menggerakkan rasa kepercayaan terhadap kelompoknya untuk bisa lebih maju. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan terdapat beberapa temuan yang unik. Pertama, peneliti melihat dalam penelitian ini sebuah kebanggaan kolektif yang tidak bisa dihindari terjadi pada ruang beragama masyarakat perkotaan. Kedua, masyarakat kota yang majemuk identitas, afiliasi, dan kuasa pengetahuan. Ketiga, Ketegangan identitas kelompok tidak bisa dihindari sebagai upaya bertahan sekaligus penguasaan terhadap suatu wilayah atau lembaga. Kontestasi perebutan ruang publik keagamaan diselubungi oleh kehadiran kelompok agama untuk menyampaikan misi dakwahnya kepada jemaah dengan menetapkan standar, aturan dan kebiasaan kelompok yang diterapkan di masjid sebagai hasil dari persaingan dan basis keunggulan setiap kelompok. Tercapainya hal tersebut dapat meningkatkan status pandangan orang lain kepada kelompok yang lebih unggul setelah sukses mencapai sebuah tujuan kelompoknya di Masjid Nur Farhan sebagai faktor utama ekspresi kepuasan dari Collective Pride atau kebanggaan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Abd. Aziz Faiz, M. Hum
Uncontrolled Keywords: Collective Pride, Penguasaan Ruang, Masyarakat Majemuk.
Subjects: Sosiologi Agama
Konflik
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Sep 2021 11:02
Last Modified: 10 Sep 2021 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44153

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum