GERAKAN FILANTROPI ISLAM : PERAN LAZISMU DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMAN

Herlambang Dwi Prasetyo, NIM.: 16720021 (2020) GERAKAN FILANTROPI ISLAM : PERAN LAZISMU DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GERAKAN FILANTROPI ISLAM : PERAN LAZISMU DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMAN)
16720021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (GERAKAN FILANTROPI ISLAM : PERAN LAZISMU DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMAN)
16720021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengangguran dan kemiskinan adalah permasalahan sosial yang memerlukan penyelesaian segera. Perlu adanya peran organisasi diluar pemerintah karena pemerintah saja tidak cukup mampu menyelesaikan permasalahan ini. Lazismu Gamping sebagai lembaga filantropi mencoba berperan mengatasi permasalahan sosial tersebut melalui kegiatan pemberdayaan menggunakan dana zakat. Perkembangan Lazismu Gamping sebagai lembaga filantropi turut mengubah kebijakan program. Zakat tidak hanya digunakan sebagai dana karitas namun juga diwujudkan dalam pembiayaan program pemberdayaan masyarakat yaitu Baitul Tamwil Muhammadiyah (BTM) Surya, Toko Besi Surya Gamping, pengelolaan angkutan sampah, pengelolaan parkiran dan kantin PKU Gamping, serta peternakan kambing. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peran Lazismu Gamping dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat Gamping. Penelitian yang dilakukan di Lazismu Gamping ini dianalisis menggunakan teori aktivitas filantropi yang digagas oleh Helmut K. Anheier dan Diana Leat serta paradigma pemberdayaan Edi Suharto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitis. Metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Lazismu Gamping sebagai lembaga filantropi kreatif menggunakan program yang inovatif dan kreatif melalui beberapa peran yaitu peran pemberantasan kemiskinan, peran pemberdayaan, serta peran jaminan pendidikan dan kesehatan. Lazismu Gamping pun berhasil menangani masalah sosial yaitu kemiskinan dengan program-program pemberdayaan sebagai perwujudan sebagai lembaga filantropi yang benar-benar memberantas kemiskinan dan mensejahterakan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Yayan Suryana. M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pemberantasan kemiskinan; Lazismu Gamping; jaminan pendidikan; pemberdayaan masyarakat
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Sep 2021 12:48
Last Modified: 10 Sep 2021 12:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44162

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum