MODEL SISTEM PENDIDIKAN ISLAM TERPADU (Studi Terhadap Tiga SDIT di Kecamatan Kartasura Sukoharjo)

Widodo, NIM.: 1620411001 (2020) MODEL SISTEM PENDIDIKAN ISLAM TERPADU (Studi Terhadap Tiga SDIT di Kecamatan Kartasura Sukoharjo). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL SISTEM PENDIDIKAN ISLAM TERPADU (Studi Terhadap Tiga SDIT di Kecamatan Kartasura Sukoharjo))
1620411001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MODEL SISTEM PENDIDIKAN ISLAM TERPADU (Studi Terhadap Tiga SDIT di Kecamatan Kartasura Sukoharjo))
1620411001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian inibahwa menjamurnya model pendidikan Islam yang ada di Kecamatan Kartasura seperti SDIT Muhammadiyah Al Kautsar, SDIT Al Madinah, SDIT Ar-Risalah, SDIT Al Anis, SDIT Taqiya Rasyada, dan SD Islam al Hilal. Keenam sekolah dasar Islam tersebut mempunyai karakteristik masingmasing. Penelitian ini difokuskan pada SDIT Muhammadiyah Al Kautsar, SDIT AL Madinah, SDIT ar-Risalah karena memiliki karakteristik yang mirip seperti fullday school, mempunyai jumlah murid yang relatif banyak sekitar 700 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tujuan, kurikulum, kelembagaan, dan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar, SDIT Al Madinah, dan SDIT Ar-Risalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar, SDIT Al Madinah, SDIT ArRisalah Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara (Interview), dan dokumentasi. Teknik analisis interaktif melalui langkah-langkah; reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian antara lain sistem Pendidikan Islam Terpadu dari ketiga sekolah yang diteliti bahwa menitikberatkan dengan memberikan dasar-dasar keislaman melalui penanaman karakter yang berakhlak mulia toleransi antar umat beragama dan menjalankan ibadah Islam. Latar belakang dalam menentukan tujuan pendidikan Agama Islam dengan pemikiran bahwa generasi yang semakin jauh dari nilai-nilai Islam sehingga mempunyai akhlak yang rendah. Penerapan Kurikulum 2013 dan pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan yayasan yang menaungi masing-masing sekolah dan fullday school. Proyeksi sistem pendidikan Islam yang mampu memberikan perspektif, arahan dan bekalan dalam kehidupan global yang sangat syarat dengan kemajuan sains dan teknologi yang berimplikasi luas bagi kehidupan antar manusia. Implementasi model organism atau sistemik sebagai konteks pendidikan Islam model organism yang terdiri atas komponenkomponen yang hidup bersama dan bekerja sama secara terpadu menuju tujuan tertentu, yaitu terwujudnya hidup yang religius atau dijiwai oleh ajaran dan nilainilai agama.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Suwadi, M.Pd., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pendidikan Islam, Sekolah Dasar Islam Terpadu
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 11 Sep 2021 12:23
Last Modified: 11 Sep 2021 12:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44170

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum