ADVOKASI HAK KESEHATAN PADA KORBAN PELANGGARAN HAM BERAT TAHUN 1965 DI FOPPERHAM YOGYAKARTA

Nirwani Mintanawati, NIM.: 1620010027 (2020) ADVOKASI HAK KESEHATAN PADA KORBAN PELANGGARAN HAM BERAT TAHUN 1965 DI FOPPERHAM YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ADVOKASI HAK KESEHATAN PADA KORBAN PELANGGARAN HAM BERAT TAHUN 1965 DI FOPPERHAM YOGYAKARTA)
1620010027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ADVOKASI HAK KESEHATAN PADA KORBAN PELANGGARAN HAM BERAT TAHUN 1965 DI FOPPERHAM YOGYAKARTA)
1620010027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan hak yang melekat pada setiap manusia sejak dilahirkan sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Keberadaan HAM merupakan wujud dari solidaritas nyata dari suatu negara dengan warga negaranya yang lemah. Pelanggaran HAM berat tahun 1965 adalah kasus yang terjadi di Indonesia dengan korban yang sangat banyak, hingga hilangnya dan dibuangnya korban adalah salah satu fakta besar yang sampai saat ini masih dalam perbincangan sekaligus momok yang mengerikan bagi masyarakat Indonesia apabila hal tersebut diulas kembali. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara advokasi yang dilakukan Foperham dan bentuk keberhasilan yang dilakukan Fopperham terhadap para korban HAM 1965. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang mengambil data primer dari lapangan, daerah atau lokasi tertentu.Studi lapangan dilakukan dengan memilih lembaga FOPPERHAM (Forum Pendidikan dan Perjuangan Hak Asasi Manusia) Yogyakarta.Sedangkan jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, karena dalam penelitian ini menghasilkan kesimpulan berupa data yang menggambarkan secara rinci, bukan data yang berupa angka-angka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan. Pertama, Advokasi Fopperham pada korban pelanggaran HAM berat tahun 1965 dapat diketahui dari beberapa cara, mulai dari memberikan edukasi pendidikan bagi masyarakat, memberikan bentuk advokasi kebijakan, dan memberikan bentuk pelayanan kesehatan. Kedua, bentuk keberhasilan Fopperham dalam melakukan advokasi terhadap klien dapat dilihat dari pendekatan secara mikro, mezzo, dan makro. Hal ini dilakukan untuk mengetahui bentuk keberhasilan yang dilakukan oleh Fopperham.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Ro'fah, M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Hak Asasi Manusia, Korban Pelanggaran Hak Asasi Manusia, Forum Pendidikan dan Perjuangan Hak Asasi Manusia
Subjects: HAK ASASI MANUSIA
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 11 Sep 2021 12:25
Last Modified: 11 Sep 2021 12:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44175

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum