IDEOLOGI DAN DEOTORISASI TAFSIR DI MEDIA BARU (STUDI ATAS WACANA PENAFSIRAN DALAM MEDIA ORMAS ISLAM DI INDONESIA)

Fatikhatul Faizah, S. Ag., NIM.: 18205010090 (2021) IDEOLOGI DAN DEOTORISASI TAFSIR DI MEDIA BARU (STUDI ATAS WACANA PENAFSIRAN DALAM MEDIA ORMAS ISLAM DI INDONESIA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDEOLOGI DAN DEOTORISASI TAFSIR DI MEDIA BARU (STUDI ATAS WACANA PENAFSIRAN DALAM MEDIA ORMAS ISLAM DI INDONESIA))
18205010090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IDEOLOGI DAN DEOTORISASI TAFSIR DI MEDIA BARU (STUDI ATAS WACANA PENAFSIRAN DALAM MEDIA ORMAS ISLAM DI INDONESIA))
18205010090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Mediatisasi agama di era digital nyatanya telah menguji kemapanan otoritas dan ideologi ormas Islam di Indonesia. Dalam menjawab tantangan teknologi, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah sebagai ormas Islam arus utama secara bersamaan terjun di dunia nyata dan dunia maya untuk menyapa komunitasnya. Secara senada upaya tersebut juga dilakukan Majelis Mujahidin Indonesia dan Majelis Tafsir Al-Qur’an sebagai ormas yang identik dengan gaung “Kembali kepada Al-Qur’an dan Sunah”. Tidak mau ketinggalan, muslim.or.id dan tafsiralquran.id turut hadir sebagai otoritas baru yang kiprahnya mendominasi ruang maya. Melalui situs-situs resminya, keenam komunitas religius tersebut mendiseminasikan pengetahuan tafsir Al-Qur’annya melalui rubrik-rubrik dan artikel tafsir. Di satu sisi telah terjadi deotorisasi tafsir Al-Qur’an di situs keislaman, sementara pada sisi lainnya konsistensi ideologi ormas Islam tengah diuji. Dari sini rumusan masalah yang hendak dijawab adalah bagaimana dinamika konsep otoritas keagamaan hingga ke media baru?, apa makna deotorisasi dalam konsep otoritas keagamaan? dan bagaimana konsistensi ormas Islam dalam tafsir Al-Qur’an di media baru? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini menggunakan teori otoritas dan ideologi, di mana teori otoritas digunakan untuk menganalisis dinamika yang terjadi dalam lintasan periode media dalam Islam hingga ke media baru, kemudian teori ideologi Johanna Pink untuk menganalisis konsistensi ideologi ormas Islam di situs keislaman. Penelitian ini merupakan penelitian berbasis library research serta menggunakan metode netnografi untuk menganalisis objek material penelitian berupa situs keislaman. Akhirnya penelitian ini menyimpulkan bahwa terjadi perubahan konsep otoritas ketika memasuki media baru, di mana secara bersamaan otoritas keagamaan tradisional tetap langgeng di dunia nyata, di mana sebelumnya hubungan ketersambungan sanad sangat diperhatikan. Ketika memasuki media baru konsep sanad diabadikan begitu saja. Selanjutnya, untuk menjawab rumusan masalah kedua, proses deotorisasi sama sekali tidak meleburkan otoritas tradisional yang sudah mapan, seperti NU, Muhammadiyah, MTA dan MMI, namun mereka turut beradaptasi dengan perkembangan media baru dan turut bersanding dengan otoritas baru. Kemudian dapat disimpulkan bahwa ideologi ormas Islam dalam tafsir offline dan tafsir online tidak begitu mengalami perubahan. Bahkan Suara Muhammadiyah, Risalah Mujahidin dan MTA Online melakukan copy paste dari versi cetaknya ke situs keislaman. Suara Muhammadiyah membawa paradigma modernis, Risalah Mujahidin berafiliasi ke ideologi Islamis serta MTA Online cenderung ke Salafi. Sementara NU Online di era digital tetap mempertahankan konsep offlline-nya, hanya saja melakukan modifikasi sehingga berubah menjadi modernis, di antaranya ketika melakukan kontekstualisasi ayat untuk merespon isu-isu di tengah masyarkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Saifuddin Zuhri Qudsy, S.Th.I., M.A.
Uncontrolled Keywords: Otoritas, Deotorisasi, Tafsir Al-Qur’an, Situs Keislaman, Ormas Islam
Subjects: Tafsir Al-Qur'an
Islam dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2) > Studi al Qur'an dan Hadits
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2021 11:45
Last Modified: 11 Sep 2021 11:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44180

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum