PEMBINAAN KECERDASAN SPIRITUAL BERBASIS MULTIKULTURALISME DI KOMUNITAS SOLIDARITAS PEREMPUAN (SP) “KINASIH” YOGYAKARTA

Attiin Nur Halimah, NIM.: 17104010005 (2021) PEMBINAAN KECERDASAN SPIRITUAL BERBASIS MULTIKULTURALISME DI KOMUNITAS SOLIDARITAS PEREMPUAN (SP) “KINASIH” YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN KECERDASAN SPIRITUAL BERBASIS MULTIKULTURALISME DI KOMUNITAS SOLIDARITAS PEREMPUAN (SP) “KINASIH” YOGYAKARTA)
17104010005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN KECERDASAN SPIRITUAL BERBASIS MULTIKULTURALISME DI KOMUNITAS SOLIDARITAS PEREMPUAN (SP) “KINASIH” YOGYAKARTA)
17104010005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasar munculnya konflik keberagaman (aspek agama dan suku), seksualitas, kekerasan, dan ketidakadilan yang ada di masyarakat. Berbagai konflik tersebut didasari adanya konstruksi sosial yang membentuk sikap egois, tidak peduli dengan lingkungan, serta kepribadian yang negatif. Konflik tersebut merupakan salah satu isu yang diangkat oleh SP Kinasih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana SP Kinasih membina kecerdasan spiritual berbasis multikulturalisme dengan ciri khas pergerakannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan pendekatan sosiologis. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan kecerdasan spiritual sangat penting untuk membentuk kepribadian, sikap dan perilaku seseorang. Kecerdasan spiritual berbasis multikulturalisme dibina oleh SP Kinasih melalui realisasi program dan pelaksanaan kegiatan dengan berbagai strategi, model dan metode dengan berbagai macam pendekatan. Dengan demikian, pembinaan yang dilakukan oleh SP Kinasih menghasilkan ketercapaian pada indikator kecerdasan spiritual yang berpusat pada sikap dan kepribadian seseorang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muqowim, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual, Multikulturalisme, Solidaritas Perempuan, SP Kinasih
Subjects: Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 10 Sep 2021 18:47
Last Modified: 10 Sep 2021 18:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44188

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum