PENGARUH SERTA RESPON MASYARAKAT DAN ORGANISASI NU TERHADAP PERISTIWA PEMBANTAIAN GURU NGAJI DI BANYUWANGI JAWA TIMUR 1998 M

Ikfina Mardiana, NIM.: 14120097 (2021) PENGARUH SERTA RESPON MASYARAKAT DAN ORGANISASI NU TERHADAP PERISTIWA PEMBANTAIAN GURU NGAJI DI BANYUWANGI JAWA TIMUR 1998 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SERTA RESPON MASYARAKAT DAN ORGANISASI NU TERHADAP PERISTIWA PEMBANTAIAN GURU NGAJI DI BANYUWANGI JAWA TIMUR 1998 M)
14120097_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SERTA RESPON MASYARAKAT DAN ORGANISASI NU TERHADAP PERISTIWA PEMBANTAIAN GURU NGAJI DI BANYUWANGI JAWA TIMUR 1998 M)
14120097_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Banyuwangi merupakan salah satu wilayah yang terkenal dengan ilmu mistik yang masih sering dijumpai dan dilakukan oleh warganya, terlebih setelah terjadinya tragedi besar dengan menewaskan ratusan orang dengan dalih santet yakni tragedi peristiwa isu santet pada tahun 1998. Target utama tragedi ini yakni para dukun santet yang meresahkan warga sehingga warga melakukan pembersihan wilayah dari praktek dukun santet, namun kegiatan ini semakin meluas ketika sasaran pembersihan ini beralih kepada ulama, kiai serta guru ngaji yang notabene sebagai pelindung warga dari praktek ilmu santet. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan warga Banyuwangi setelah terjadinya peristiwa isu santet, dimulai dari pembahasan kronologi peristiwa pembunuhan, dilanjutkan dengan pengaruh serta respon masyarakat Banyuwangi setelah peristiwa tersebut. Penelitian ini menggunakan teori respon. Seperti yang telah dicantumkan pada judul bahwa fokus penelitian ini lebih kepada respon serta pengaruh yang dirasakan warga dan ormas NU terhadap peristiwa isu santet. Meskipun peristiwa ini hanya terjadi dalam kurun waktu yang singkat namun pengaruh yang didapat oleh warga sekitar sangat bisa dirasakan bahkan hingga saat ini. Tidak hanya dirasakan oleh keluarga korban namun juga oleh para pelaku, warga sekitar serta wilayah Banyuwangi pun juga ikut terdampak baik dari segi positif maupun negatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan yakni banyak warga yang memberikan respon negatif terhadap peristiwa isu santet Banyuwangi. Banyak yang merasa dirugikan baik secara materi maupun non materi, seperti wilayah banyuwangi yang situasi keadaan saat itu memburuk baik pendapatan daerahnya karena menurunnya angka wisatawan, faktor-faktor lain yang terganggu seperti kegiatan keagamaan warga yang terhenti, psikologi warga yang terganggu bahkan mengalami trauma terhadap peristiwa tersebut. Namun ada beberapa yang memberikan respon positif meskipun sangat kecil kemungkinan untuk mendapatkan nilai tersebut, yakni banyak orang luar wilayah banyuwangi yang segan terhadap masyarakatnya karena ilmu santetnya. Penelitian ini dilakukan selain memenuhi tugas akhir perkuliahan juga memberikan beberapa informasi terkait isu santet tahun 1998 di Banyuwangi. Selian itu juga menambah khasanah ilmu pengetahuan terutama sejarah yang terjadi di wilayah Banyuwangi juga mampu memberikan informasi agar sejarah yang pernah terjadi tidak dilupakan dan menghilang seiring berjalannya waktu karena sejarah memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, begitu juga untuk masyarakat Banyuwangi yang seolah-olah melepaskan sejarah ini dengan lapang dada meski masih terkenang hingga saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Muhsin M. Ag
Uncontrolled Keywords: Isu santet dan ninja, respon dan pengaruh.
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 10 Sep 2021 20:17
Last Modified: 10 Sep 2021 20:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44194

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum