BIOGRAFI K.H. HARIS DIMYATHI (KAJIAN TERHADAP KPRAH DAN KARYANYA DI PERGURUAN ISLAM PONDOK TREMAS, PACITAN, JAWA TIMUR DAN MASYARAKATNYA TAHUN 1952-1995 M)

Akhmad Munadi, NIM: 16120037 (2021) BIOGRAFI K.H. HARIS DIMYATHI (KAJIAN TERHADAP KPRAH DAN KARYANYA DI PERGURUAN ISLAM PONDOK TREMAS, PACITAN, JAWA TIMUR DAN MASYARAKATNYA TAHUN 1952-1995 M). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIOGRAFI K.H. HARIS DIMYATHI (KAJIAN TERHADAP KPRAH DAN KARYANYA DI PERGURUAN ISLAM PONDOK TREMAS, PACITAN, JAWA TIMUR DAN MASYARAKATNYA TAHUN 1952-1995 M))
16120037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BIOGRAFI K.H. HARIS DIMYATHI (KAJIAN TERHADAP KPRAH DAN KARYANYA DI PERGURUAN ISLAM PONDOK TREMAS, PACITAN, JAWA TIMUR DAN MASYARAKATNYA TAHUN 1952-1995 M))
16120037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

K.H. Haris Dimyathi merupakan salah satu tokoh yang mempunyai jiwa kepemimpinan dan kontribusi besar bagi perkembangan pesantrennya yakni Perguruan Islam Pondok Tremas, Pacitan, Jawa Timur. K.H.. Haris Dimyathi dilahirkan tahun 1932 di Tremas, Pacitan, Jawa Timur. Ia dipercaya dan ditunjuk sebagai pengasuh yang bertanggung jawab atas pendidikan di pesantren tersebut pada tahun 1952 M. Ia ditunjuk sebagai pengasuh ketika situasi pesantren yang vakum dan tidak kondusif, mengingat pada tahun-tahun tersebut Pacitan berada dalam posisi tidak aman dikarenakan adanya pemberontakan PKI tahun 1948 M. Tantangan yang dihadapi oleh K.H. Haris Dimyathi yakni menata kembali kegiatan belajar mengajar pesantren yang semula vakum di tengah kondisi Tremas yang tidak kondusif. Perguruan Islam Pondok Tremas pada periode K.H. Haris Dimyathi mengalami perkembangan yang cukup pesat. Ia merupakan pengonsep manajemen pendidikan, inisiator berdirinya beberapa lembaga pendidikan baru serta penulis yang menyusun beberapa kitab. Buah karya dan kiprahnya masih terjaga hingga sekarang. Peneliti berusaha menganalisis kiprah dan karya K.H. Haris Dimyathi menggunakan pendekatan biografi dan sosiologi. Peneliti menggunakan teori sejarah pemikiran dari Kuntowijoyo, teori peranan sosial yang dikemukakan oleh Erving Goffman serta teori peranan pesantren yang dikemukakan oleh Taufik Abdullah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research).Sedangkan, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah yang digunakan untuk merekonstruksi peristiwa masa lalu melalui empat langkah yakni heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Hasil dari analisis teori serta metode penelitian sejarah tersebut mengungkapkan bahwa K.H, Haris Dimyathi merupakan tokoh penggerak sekaligus pembaharu di Perguruan Islam Pondok Tremas. Kiprah dan karyanya berpengaruh baik di dalam pesantren maupun di masyarakat. Pengaruh kiprah dan karya dari K.H. Haris Dimyathi masih terjaga hingga sekarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurul Hak, S.Ag.,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Biografi, Kiprah, Karya
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Sep 2021 00:51
Last Modified: 11 Sep 2021 00:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44203

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum