TRANSFORMASI KOMUNITAS ARAB INDONESIA DARI PERSATUAN ARAB INDONESIA (PAI) KE PARTAI ARAB INDONESIA 1934-1949. (Studi Atas Peranan PAI dalam Gerakan Nasionalisme dan Perjuangan Kemerdekaan RI )

Ahmad Sodikin, NIM: 17201020009 (2021) TRANSFORMASI KOMUNITAS ARAB INDONESIA DARI PERSATUAN ARAB INDONESIA (PAI) KE PARTAI ARAB INDONESIA 1934-1949. (Studi Atas Peranan PAI dalam Gerakan Nasionalisme dan Perjuangan Kemerdekaan RI ). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRANSFORMASI KOMUNITAS ARAB INDONESIA DARI PERSATUAN ARAB INDONESIA (PAI) KE PARTAI ARAB INDONESIA 1934-1949. (Studi Atas Peranan PAI dalam Gerakan Nasionalisme dan Perjuangan Kemerdekaan RI ))
17201020009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TRANSFORMASI KOMUNITAS ARAB INDONESIA DARI PERSATUAN ARAB INDONESIA (PAI) KE PARTAI ARAB INDONESIA 1934-1949. (Studi Atas Peranan PAI dalam Gerakan Nasionalisme dan Perjuangan Kemerdekaan RI ))
17201020009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tesis ini mengkaji tentang Peranan Partai Arab Indonesia dalam Gerakan Nasionalisme dan Perjuangan Kemerdekaan RI. Fokus penelitian ini membahas tiga persoalan utama yaitu: Pertama, gerakan Persatuan Arab Indonesia (PAI) dalam gerakan nasional dan nasionalisme Indoesia. Kedua, transformasi (perubahan gerakan) perjuangan dari Persatuan Arab Indonesia ke Partai Arab Indonesia. Ketiga, peran Partai Arab Indonesia (PAI) dalam gerakan nasionalisme perjuangan Kemerdekaan Indonesia. Untuk menganalisis kajian persoalan diatas, maka peneliti menggunakan teori peran, dan teori gerakan sosial (social movement). Teori peran digunakan untuk melihat bagaimana perjuangan Partai Arab Indonesia (PAI) dalam pergerakan nasional dan nasionalisme Indonesia. Sementara itu untuk melihat nasionalisme Komunitas Arab dalam Partai Arab Indonesia. Maka peneliti menggunakan teori gerakan sosial yakni gerakan etnis atau nasionalis (ethnic or nationalistic) ialah suatu gerakan etnis atau kebangsaan. Kemudian diikuti pendekatan sosiologi-politik (political-sociology) untuk melihat pergerakan politik Partai Arab Indonesia (PAI), dan dipandu dengan metode sejarah yang bertumpu pada empat hal: heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Hasil kajian dari penelitian ini adalah menunjukan bahwa dalam perjuangan pergerakan Kemerdekaan Indonesia terdapat peran Komunitas Arab. Perjuangan mereka terbagi menjadi dua yakni sebelum kemerdekaan dan pasca kemerdekaan. Perjuangan sebelum kemerdekaan diantaranya: nasionalisme, anti-kolonailsme Belanda, dan menentang pendudukan Jepang. Sedangkan perjuangan pasca kemerdekaan yakni mempertahankan kemerdekaan RI melalui: Perjanjian Linggarjati, Perjanjian Renville, dan Konferensi Meja Bundar (KMB). Terakhir eks-ketua PAI A.R. Baswedan diutus sebagai delegasi Indonesia oleh Presiden Soekarno untuk meminta pengakuan kedaulatan Kemerdekaan Indonesia pada negara-negara Liga Arab. Akhirnya Indonesia berhasil diakui oleh negara-negara Liga Arab sebagai negara yang merdeka.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurul Hak, S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Transformasi, Nasionalisme, Partai Arab Indonesia 1934-1949.
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Peradaban Islam/SPI (S2)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Sep 2021 18:32
Last Modified: 11 Sep 2021 18:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44232

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum