PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI PESANTREN DARUL MUHAJIRIN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MASYARAKAT PRAYA TAHUN 1991-2000 M

Basarudin, NIM: 18201020005 (2021) PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI PESANTREN DARUL MUHAJIRIN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MASYARAKAT PRAYA TAHUN 1991-2000 M. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI PESANTREN DARUL MUHAJIRIN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MASYARAKAT PRAYA TAHUN 1991-2000 M)
18201020005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI PESANTREN DARUL MUHAJIRIN DAN PENGARUHNYA TERHADAP MASYARAKAT PRAYA TAHUN 1991-2000 M)
18201020005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidkan Islam yang identik dengan kehidupan masyarakat pedesaan. Di samping itu pesantren juga berperan penting dalam perkembangan masyarakat yang menyangkut berbagai hal. Pengaruh pesantren ini sangat kuat bagi masyarakat Praya, di Lombok terutama dibidang pendidikan. Oleh karena itu peneliti mengangkat topik penelitianini dengan memilih objek kajian berjudul: Perkembangan Pendidikan di Pesantren Darul Muhajirin dan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Praya tahun 1991-2000 M Peneliti memfokuskan pembahasan ini ke dalam dua pokok permasalahan utama yaitu: Pertama, Perkembangan Pendidkan Pesantren Darul Muhajirin Praya. Kedua, Pengaruh Pesantren Darul Muhajirin terhadap masyarakat Praya 1991-2000. Untuk melihat perkembangan pendidikan di Pesantren Darul Muhajirin Praya, maka peneliti menggunakan teori evolusi kebudayaan (multilinier). Sedangkan untuk melihat perkembangan masyarakat Praya, maka peneliti menggunakan teori perubahan sosial. Karena penelitian ini merupakan kajian sosial, maka peneliti menggunakan pendekatan Sosiologi. Selanjutnya dibantu dengan metode sejarah yang meliputi empat tahap yaitu: heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, Perkembangan pendidikan pesantren Darul Muhajirin dan pengaruhnya terhadap masyarakat Praya tahun 1991- 2000 M : Pertama, mengajarkan ilmu pendidikan Islam dengan menggabungkan metode pengajaran Salafiyah dan sistem modern. Kedua, Pesantren Muhajirin mendorong perkembangan IPTEK bagi masyarakat, terutama para santri atau muridmurid pesantren. Ketiga, di era globalisasi dan westernisasi pesantren ini mampu mempertahankan nilai-nilai spiritual berbasis kearifan lokal yang dapat menangkal pengaruh negatif perkembangan tersebut. Keempat, adanya Pesantren Darul Muhajirin di Praya membuat kehidupan masyarakat menjadi religius, berakhlakul karimah, semangat dalam menuntut ilmu khsususnya ilmu agama. Kelima, Pesantren Darul Muajirin sebagai perintis sekolah-sekolah umum yang mempunyai muatan mata pelajaran agama yang komprehensif, memiliki sistem terpadu, dan kurikulum yang modern.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sujadi, MA
Uncontrolled Keywords: Perkembangan, Pendidikan, Pesantren Darul Muhajirin
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Peradaban Islam/SPI (S2)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Sep 2021 18:41
Last Modified: 11 Sep 2021 18:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44233

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum