KESULITAN KALAM DAN QIROAH SANTRI PONDOK PESANTREN ISLAM AL-MUKMIN NGRUKI SUKOHARJO (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK)

Fauziyah Nur Rahmawati, NIM. 18204020037 (2021) KESULITAN KALAM DAN QIROAH SANTRI PONDOK PESANTREN ISLAM AL-MUKMIN NGRUKI SUKOHARJO (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESULITAN KALAM DAN QIROAH SANTRI PONDOK PESANTREN ISLAM AL-MUKMIN NGRUKI SUKOHARJO (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK))
18204020037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KESULITAN KALAM DAN QIROAH SANTRI PONDOK PESANTREN ISLAM AL-MUKMIN NGRUKI SUKOHARJO (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK))
18204020037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

بحث هْذا اْلبحث فْى صْعوبة اْلكلام وْالقراءة لْدى اْلطلبة بْمعهد اْلمؤمن اْلإسلاميْ بنغروكي اْلتي لْم تْطابق بْالهدف وْأنا اْللغة اْلعربية لْم تْكن أْولوية عْند اْلطلبة فْى تْعلمها. وْالأهمْ أن مْن إْحدى أْهداف اْللغة هْي اْلقدرة عْلى اْلقيام بْالاتصال لْسانيا لْتعبير اْلرسالة إْلىْ المخاطب بْطريقة سْليمة. يْهدف هْذا اْلباب لْ: )ْ 2( مْعرفة اْلصعوبة فْى تْعلم اْلكلام وْالقراءةْ بمعهد اْلمؤمن اْلإسلامي، )ْ 0( مْعرفة مْهارة اْلطلبة فْى اْلكلام وْالقراءة، )ْ 3( مْعرفة صْيغْ الصعوبة فْى تْعلم اْلكلام وْالقراءة مْن حْيث دْراسة اْللغة اْلنفسية، )ْ 4( اْستنباط عْدة حْلولْ المشكلات فْى اْلكلام وْالقراءة لْدى اْلطلبة بْمعهد اْلمؤمن اْلإسلامي نْغروكي.ْ كان هْذا اْلبحث هْو اْلبحث اْلنوعي اْلذي يْوصف اْلمظاهر بْوسيلة اْلبحث اْلميداني.ْ وكانت طْريقة جَْع اْلبيانات اْستخدم هْذا اْلبحث اْلملاحظة، اْلمقابلة، وْالتوثيق. فْتحليلْ بيانات هْذا اْلبحث هْو اْلتفاعل بْين تْخفيض اْلبيانات، عْرض اْلبيانات، وْالاستنباط أْوْ الخلاصة.ْ Tesis ini membahas tentang kesulitan kalam dan qiroah santri Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin Ngruki yang belum sesuai dengan tujuan, dan bahasa Arab belum menjadi prioritas utama santri dalam mempelajarinya. Perlu diketahui bahwa salah satu kegunaan bahasa yaitu untuk dapat berkomunikasi secara lisan agar dapat menyampaikan pesan dengan baik dengan lawan bicara. Kemudian penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui kesulitan dalam pembelajaran kalam dan qiroah di Pondok Pesantren Al- Mukmin; (2) untuk mengetahui bagaimana kemampuan santri dalam kalam dan qiroah; (3) agar dapat mengetahui bentuk-bentuk kesulitan dalam mempelajari kalam dan qiroah dilihat dari kajian psikolinguistik; (4) untuk mendapatkan berbagai macam solusi mengatasi kesulitan dalam kalam dan qiroah santri di Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mendeskripsikan suatu gejala dengan melalui penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen-dokumen. Analisis data bersifat interaktif yaitu dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian data yang diperoleh dipadukan dan kemudian diseleksi sesuai kebutuhan dan kepentingan penelitian, yang sistematis dan akurat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muhajir, S.Pd.I., M.SI.
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar Bahasa, Pembelajaran Kalam, Pembelajaran Qiroah, Psikolinguistik. صْعوبة تْعلم اْللغة، تْعلم اْلكلام، تْعلم اْلقراءة، اْللغة اْلنفسية
Subjects: Bahasa Arab > Bahasa Arab - Kata Kerja
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Sep 2021 18:56
Last Modified: 11 Sep 2021 18:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44235

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum