PENINGKATAN MODAL ASET SEKOLAH MELALUI PROGRAM GALANG MADRASAH DI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ DAN SODAQOH YAYASAN BADAN WAKAF UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA

Fajar Tanjung Tursina, NIM.: 17204090013 (2020) PENINGKATAN MODAL ASET SEKOLAH MELALUI PROGRAM GALANG MADRASAH DI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ DAN SODAQOH YAYASAN BADAN WAKAF UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN MODAL ASET SEKOLAH MELALUI PROGRAM GALANG MADRASAH DI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ DAN SODAQOH YAYASAN BADAN WAKAF UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA)
17204090013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN MODAL ASET SEKOLAH MELALUI PROGRAM GALANG MADRASAH DI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ DAN SODAQOH YAYASAN BADAN WAKAF UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA)
17204090013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu sumber daya yang perlu dikelola dengan baik dalam lembaga Pendidikan Islam adalah masalah keuangan. Terdapat beberapa problem di lembaga tersebut, didalamnya masih mengandalkan orang tua siswa dan yayasan atau wakaf sehingga kebutuhan pengelolaan pendidikan secara maksimal belum terpenuhi. Madrasah dihadapkan pada permasalahan dalam manajemen pengelolaan. lembaga pendidikan Islam yang berujung “gulung tikar” atau tutup, karena kekurangan dana, atau pengelolaan dana yang tidak efektif. Dana BOS dari pemerintah tersebut masih kurang untuk melaksanakan operasional dan mengembangkan sekolah. Madrasah yang mempunyai jumlah siswa yang sedikit harus mencari sumber dana lain agar dapat menjalankan sekolahnya. Ini yang menjadi persoalan terutama di madrasah swasta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Terdapat dua sumber data penelitian pada penelitian ini, yaitu berupa sumber data, dokumen, dan narasumber. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga komponen analisis data, yaitu : data reduksi (data reduction), penyajian data (data display), hingga penarikan kesimpulan (data conclution). Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa program Galang Madrasah lahir karena keprihatinan terhadap madrasah ibtidaiyah swasta yang semakin terpinggirkan. LAZIS YBW UII membuat konsep “madrasah unggul” dalam membangkitkan kembali semangat madrasah untuk bangkit dan bersaing dalam dunia pendidikan. Konsep madrasah unggul yang dibuat oleh LAZIS YBW UII berbentuk tiga program yaitu program Sarana Dan Prasarana, program Peran Serta Masyarakat, program Badan Usaha Milik Madrasah (BUMM), program Insentif Guru dan Kepala Madrasah, dan program Festival Madrasah. Terdapat enam peserta program Galang Madrasah yaitu, MI Ma’arif Garongan, MI Muhammadiyah Garongan, MI Muhammadiyah Nglinggo, MI Muhammadiyah Sendangmulyo, dan MI YAPPI Randukuning yang masing-masing mempunyai kemampuan sendiri-sendiri dalam menciptakan madrasah unggul. Proses pengembangan madrasah oleh LAZIS YBW UII menggunakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan. Adapun implikasi program galang madrasah bagi madrasah binaan LAZIS YBW UII terdapat empat aspek yaitu, aspek sarana dan prasarana, aspek networking, aspek pembiayaan, dan aspek kompetensi kepala madrasah dan guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Sabarudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Program Galang Madrasah, Peningkatan Modal Aset sekolah
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Sep 2021 00:01
Last Modified: 15 Sep 2021 00:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44236

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum