EFEKTIVITAS MEDIA YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR ANAK TIPE KINESTETIK PADA KELOMPOK B DI TK IT AL-HARITS BANGUNTAPAN YOGYAKARTA

Khotimatul Majidah S, NIM.: 18204030009 (2020) EFEKTIVITAS MEDIA YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR ANAK TIPE KINESTETIK PADA KELOMPOK B DI TK IT AL-HARITS BANGUNTAPAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MEDIA YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR ANAK TIPE KINESTETIK PADA KELOMPOK B DI TK IT AL-HARITS BANGUNTAPAN YOGYAKARTA)
18204030009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MEDIA YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR ANAK TIPE KINESTETIK PADA KELOMPOK B DI TK IT AL-HARITS BANGUNTAPAN YOGYAKARTA)
18204030009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektivitas media youtube untuk meningkatkan konsentrasi dan hasil belajar anak tipe kinestetik pada kelompok B di Tk IT Al-Harits Banguntapan,Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakang oleh observasi awal adanya konsentrasi dan hasil belajar anak kinestetik yang kurang optimal karena model pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran klasikal. Penelitian ini dilaksanakan di Tk IT Al-Harits Banguntapan,Yogyakarta, dengan jumlah subyek 5 anak untuk kelas Eksperimen dengan menerapkan media youtube kids dan 5 anak untuk kelas Kontrol dengan pembelajaran klasikal. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan desain kuasi eksperimen (quasi experimental research) dan memakai bentuk nonequivalent control group design. Tehnik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji statistik deskriptif dan uji beda rata-rata dengan menggunakan uji t (Independent sample t test) dan uji N-gain Score. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara konsentrasi dan hasil belajar anak kinestetik di kelompok B1 (Eksperimen) yang menerapkan media youtube kids dengan kelompok B2 (kontrol) dengan menerapkan pembelajaran klasikal. Adapun hasil penelitian pada konsentrasi anak kinestetik dengan menggunakan analisis uji terkahir yaitu uji Ngain Score pada kelas eksperimen memperoleh hasil sebesar 87,7% sedangkan pada kelas kontrol menunjukkan hasil sebesar 10,9%. Dan pada katagori hasil belajar anak kinestetik kelas eksperimen memperoleh hasil sebesar 76,4 % sedangkan pada kelas kontrol menunjukkan hasil sebesar 24,2 %. Hal ini menunjukkan bahwa media youtube kids efektif untuk meningkatkan konsentrasi dan hasil belajar anak tipe kinestetik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media, Youtube Kids, Konsentrasi, Hasil Belajar, Anak Tipe Kinestetik
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 15 Sep 2021 00:01
Last Modified: 15 Sep 2021 00:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44240

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum