PARTISIPASI POLITIK ANAK MUDA DALAM PEMBERANTASAN KORUPSI (Studi pada Gerakan Pemuda Melawan Korupsi (GPMK) Yogyakarta)

Thoriq Yuhda Farokhi, NIM. 14720012 (2021) PARTISIPASI POLITIK ANAK MUDA DALAM PEMBERANTASAN KORUPSI (Studi pada Gerakan Pemuda Melawan Korupsi (GPMK) Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI POLITIK ANAK MUDA DALAM PEMBERANTASAN KORUPSI (Studi pada Gerakan Pemuda Melawan Korupsi (GPMK) Yogyakarta))
14720012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI POLITIK ANAK MUDA DALAM PEMBERANTASAN KORUPSI (Studi pada Gerakan Pemuda Melawan Korupsi (GPMK) Yogyakarta))
14720012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kasus Korupsi di Indonesia masih menjadi masalah yang serius bagi bangsa kita. Hampir setiap saat terjadi kasus korupsi diberbagai tatanan masyarakat mulai dari birokrasi sampai pada penegak hukum. KPK RI sendiri sebagai lembaga anti rasuah masih kesulitan memberantas tindakan extraordirary crime ini. Mengingat penindakan kasusdi Inonesia saat ini juga terus meningkat. GPMK Yogyakarta sebagai alternatif organisasi yang aktif menyuarakan gerakan anti korupsi di Yogyakarta memiliki tujuan untuk turut serta berpartisipasi dlam pembangunan bangsa melalui edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Tentunya untuk mencapai tujuan tersebut GPMK Yogyakarta memiliki strategi yang matang sehingga tetap eksis sampai sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang digunakan GPMK Yogyakarta dalam upaya pencegahan dan penanggulangan tindakan korupsi di Yogyakarta. Melalui sarana edukasi dan sosialisasi, GPMK Yogyakarta memiliki peran partisipasi dalam masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah dngan deskriptif kualitatif. Sementara teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah partisipasi politik. Dari hasil penelitian ini penulis melihat bahwa strategi partisipatoris GPMK Yogyakarta dalam mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat memiliki dampak yang positif. GPMK Yogyakarta memahami terkait kondisi sosial masyarakat yang cenderung memiliki kegelisahan terhadap isu korupsi. Kemudian GPMK hadir di ruang publik bersama-sama dengan masyarakat guna meyuarakan gerakan ant korupsi. Peran serta masyarakat secara tidak langsung membantu GPMK Yogyakarta dpat berkembang dan eksis sampai saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Saputro, M.Si.
Uncontrolled Keywords: GPMK Yogyakarta, Anti Korupsi, Partisipasi Politik
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Sep 2021 10:14
Last Modified: 13 Sep 2021 10:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44272

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum