NILAI-NILAI KESETARAAN GENDER DALAM BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH ATAS KURIKULUM 2013

ISMAIL, NIM.: 16410028 (2020) NILAI-NILAI KESETARAAN GENDER DALAM BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH ATAS KURIKULUM 2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI KESETARAAN GENDER DALAM BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH ATAS KURIKULUM 2013)
16410028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI KESETARAAN GENDER DALAM BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH ATAS KURIKULUM 2013)
16410028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pemerintah telah memberikan perhatian lebih terkait masalah gender dengan mengeluarkan Permendikbud tahun 2016 no. 8 tentang buku teks, bahwasanya buku teks yang digunakan oleh satuan pendidikan wajib memenuhi nilai/norma positif yang berlaku di masyarakat, diantaranya tidak mengandung unsur bias gender. Kemendikbud juga telah menebitkan buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai acuan dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Akan tetapi dalam penelitian yang dilakukan oleh Mursidah dalam jurnal Mawazah menyatakan bahwa materi-materi buku pelajaran yang ada dan dipakai di sekolah-sekolah belum mencerminkan keadilan gender, indikasi dari hal ini adalah dalam banyak bacaan, perempuan masih digambarakan dalam second sex dan posisi peran-peran domestik. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana muatan nilai-nilai kesetaraan gender dalam buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud sebagai bentuk pelaksanaan amanat Permendikbud diatas. Jenis penelitian ini adalah Library Research dengan pendekatan analisis-deskriptif. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode dokumentasi sumber primer, yaitu buku teks PAI dan Budi Pekerti SMA/MA/SMK/MAK kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud kelas X, XI, dan XII, & berbagai sumber sekunder berupa buku-buku, artikel, jurnal dan lain-lain, yang kemudian dianalisis dengan metode content analysis. Hasil penelitian yang telah dilakukan penulis menunjukkan bahwa konsep gender merupakan cara pandang yang membedakan laki-laki dan perempuan melalui proses sosial dan budaya yang diciptakan oleh manusia, melalui proses yang panjang dalam sejarah peradaban manusia. Gender juga tidak kekal dan bukan kodrat Tuhan, sehingga gender dapat berubah-ubah sesuai kebutuhan dan tuntutan manusia pada zamannya. Berdasarkan hasil analisis terhadap buku teks siswa PAI dan budi pekerti kurikulum 2013 SMA kelas X, XI dan XII terkait nilai-nilai kesetaraan yang terdapat dalam buku, penulis menemukan nilai-nilai kesetaraan gender pada setiap buku yang termuat dalam isi materi maupun penggunaan gambar yang ditampilkan. Nilai-nilai kesetaraan gender dalam isi materi berupa penggunaan susunan kalimat maupun dalil yang menunjukkan kesamaan akses dan peluang antara laki-laki dan perempuan dalam berbagai kegiatan, dan penjelasan mengenai penghargaan atau pemuliaan terhadap perempuan yang pada zaman dahulu luput dari mereka. Adapun nilai-nilai kesetaraan gender dalam gambar yang ditampilkan berupa jumlah maupun konten gambar yang ditampilkan menunjukkan laki-laki dan perempuan memiliki peluang, akses, dan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan maupun propesi yang sama, baik di sektor publik maupun sektor domestik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Dwi Ratnasari, S.Ag., M Ag
Uncontrolled Keywords: Kesetaraan Gender, Buku Teks, Pendidikan Agama Islam, SMA
Subjects: Gender
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 13 Sep 2021 11:12
Last Modified: 25 Nov 2021 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44281

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum