ANALISIS KELAYAKAN ISI DAN BAHASA BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA KELAS X EDISI REVISI 2016 TERBITAN ERLANGGA

Wahyu Al Hadi, NIM. 17104010139 (2020) ANALISIS KELAYAKAN ISI DAN BAHASA BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA KELAS X EDISI REVISI 2016 TERBITAN ERLANGGA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (ANALISIS KELAYAKAN ISI DAN BAHASA BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA KELAS X EDISI REVISI 2016 TERBITAN ERLANGGA)
17104010139_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text (ANALISIS KELAYAKAN ISI DAN BAHASA BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA KELAS X EDISI REVISI 2016 TERBITAN ERLANGGA)
17104010139_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta yang menunjukkan bahwa masih ditemukan masalah yang berkaitan dengan uraian materi dalam buku teks pendidikan. Selain itu, buku teks merupakan salah satu sumber belajar di mana para siswa memperoleh materi sehingga perlu diperhatikan betul konten materinya. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan tinjauan atau kajian ulang berkaian dengan aspek isi dan bahasa materi yang disajikan. Penelitian ini merupakan sebuah upaya untuk mengetahui kelayakan isi dan bahasa dari buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas X Terbitan Erlangga yang dianalisis dengan menggunakan indikator-indikator kelayakan isi dan bahasa menurut BSNP. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan noninteraktif. Data-data penelitian dihimpun dari sumber primer dan sekunder dengan menggunakan metode dokumentasi. Adapun metode atau teknik analisis yang digunakan adalah metode analisis isi kuantitaif Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA kelas X Edisi Revisi 2016 Terbitan Erlangga sudah cukup baik atau cukup layak untuk digunakan. Secara keseluruhan, materi yang disajikan cukup padat, singkat, dan jelas serta sudah sesuai dengan kebutuhan kurikulum inti dan kurikulum dasar. Berbagai konsep, definisi, prinsip, prosedur, contoh, fakta, ilustrasi, dan soal pada setiap babnya juga sudah tersaji secara akurat dan tepat. Materi pendukung pembelajaran dalam setiap bab mayoritas sudah tercukupi.; 2) Dari aspek kelayakan bahasa, buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA kelas X Edisi Revisi 2016 Terbitan Erlangga sudah sangat baik atau sangat layak untuk digunakan. Secara keseluruhan, penggunaan bahasa yang telah disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan intelektual dan sosial emosional siswa sehingga mudah untuk dipahami. Penggunan kata maupun kalimat dalam setiap babnya juga sudah mengacu pada pedoman kaidah bahasa Indonesia seperti KBBI, EyD, maupun PUEBI. Subbab dan paragraf yang tersaji dalam setiap bab juga sudah runtut serta sesuai dengan alur berfikir siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kelayakan isi; kelayakan bahasa; buku teks.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 05 Oct 2021 13:35
Last Modified: 05 Oct 2021 13:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44306

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum