HUBUNGAN ANTARA KETELADANAN GURU DAN KARAKTER TOLERANSI SISWA DI SMA KOTA YOGYAKARTA

Maman Sanjaya, NIM. 16710035 (2021) HUBUNGAN ANTARA KETELADANAN GURU DAN KARAKTER TOLERANSI SISWA DI SMA KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KETELADANAN GURU DAN KARAKTER TOLERANSI SISWA DI SMA KOTA YOGYAKARTA)
16710035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KETELADANAN GURU DAN KARAKTER TOLERANSI SISWA DI SMA KOTA YOGYAKARTA)
16710035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Toleransi merupakan salah satu nilai dalam Pendidikan karakter yang harus diaplikasikan di lembaga pendidikan sekolah disisi lain untuk mendidik dan mengajarkan berbagai pengetahuan. Siswa dengan berbagai latar belakang suku, ras, agama yang berbeda tentunya saling menghargai dan menghormati agar terciptanya lingkungan Pendidikan yang damai. Guru selain mengajarkan ilmu juga memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan karakter toleransi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keteladanan guru dan karakter toleransi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yakni ada hubungan positif antara keteladanan guru dan karakter toleransi siswa sehingga semakin tinggi keteladanan guru maka semakin tinggi pula karakter toleransi siswa yang dimiliki. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA dan SMK di kota Yogyakarta yang berjumlah 133 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Data penelitian diambil menggunakan skala keteladanan guru dan skala karakter toleransi. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara keteladanan guru dan karakter toleransi dibuktikan dengan uji hipotesis menggunakan Teknik analisis Pearson Product Moment memperoleh nilai koefisien sebesar 0,624 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 ( p<0,05) sehingga dapat dikatakan variable keteladanan guru memberi kontribusi efektif terhadap karakter toleransi sebesar 62%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zidni Immawan Musliminin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Karakter, Keteladanan Guru, Toleransi
Subjects: Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Sep 2021 12:55
Last Modified: 13 Sep 2021 12:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44309

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum