PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE TERHADAP PEMAHAMAN MUFRODAT PADA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V SD QURROTA A’YUN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021

Ary Kurniawati, NIM.: 17104020080 (2020) PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE TERHADAP PEMAHAMAN MUFRODAT PADA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V SD QURROTA A’YUN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE TERHADAP PEMAHAMAN MUFRODAT PADA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V SD QURROTA A’YUN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021)
17104020080_ARY_KURNIAWATI_FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE TERHADAP PEMAHAMAN MUFRODAT PADA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V SD QURROTA A’YUN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021)
17104020080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi banyaknya siswa yang kurang memahami mufrodat dikarenakan dalam pembelajaran bahasa arab guru masih sering menggunakan metode terjemah serta metode ceramah. Maka peneliti menggunakan metode Total Physical Response karena dalam pembelajaran menghindari terjemah dan siswa dapat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan TPR, dan untuk mengetahui pengaruh metode TPR terhadap pemahaman mufrodat kelas V pada pelajaran bahasa arab di SD Qurrota A‟yun Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experiment desain Intact-Group Comparision. Penelitian ini dilaksanakan di SD Qurrota A‟yun Yogyakarta dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Total. Penelitian ini menggunakan satu kelas yang dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok eksperimen menggunakan metode TPR dan kelompok kontrol menggunakan metode terjemah. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes dalam bentuk tes lisan dan penjodohan, dokumentasi, wawancara. Berdasarkan perhitungan statistik yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka didapatkan signifikasi sebesar 0,005. Karena nilai sig 0,005 < 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan metode TPR. Adapun uji hipotesis yang dilakukan mendapat hasil sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada perbedaan pemahaman mufrodat antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Karena terdapat perbedaan yang signifikan maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yakni “ada pengaruh penggunaan metode total physical response terhadap pemahaman mufrodat pada pelajaran bahasa arab kelas V SD Qurrota A‟yun Yogyakarta tahun ajaran 2020-2021”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Total Physical Response; mufrodat
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 05 Oct 2021 13:25
Last Modified: 05 Oct 2021 13:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44314

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum